Dark/Light Mode

Sail Teluk Cenderawasih

Pelindo Hadirkan UMK Unggulan Di Indonesia Maritime ExpoForum 2023

Kamis, 30 November 2023 05:23 WIB
PT Pelabuhan Indonesia Persero / Pelindo ikut ambil bagian dalam kegiatan pameran Sail Teluk Cenderawasih Indonesia Maritime Expo and Forum 2023 SIMEF, yang diselenggarakan akhir November 2023, di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. (Foto: Ist)
PT Pelabuhan Indonesia Persero / Pelindo ikut ambil bagian dalam kegiatan pameran Sail Teluk Cenderawasih Indonesia Maritime Expo and Forum 2023 SIMEF, yang diselenggarakan akhir November 2023, di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo ikut ambil bagian dalam kegiatan pameran Sail Teluk Cenderawasih Indonesia Maritime Expo and Forum 2023 (SIMEF), yang diselenggarakan akhir November 2023, di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Pameran ini menampilkan potensi kelautan, riset dan teknologi kelautan; pariwisata bahari, Industri-Industri strategis dan perdagangan bidang kelautan.

Pada kesempatan tersebut, Pelindo memfasilitasi kehadiran UMK unggulan, yakni UMK Kerang Mutiara yang menampilkan produk aksesoris khas Biak, Papua berbahan dasar kulit kerang seperti gelang, kalung, anting, serta hiasan khas Papua noken warmas, dan sebagainya.

Baca juga : Unas Gelar Public Lecture Bahas Kekuatan Menengah Indonesia dan Kanada

SIMEF 2023 merupakan acara pameran yang dilaksanakan di luar gedung (outdoor) yang berlangsung selama empat hari kalender. 

“Semangat pameran ini sejalan dengan cita-cita untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sejak awal, Pelindo sebagai BUMN sekaligus sebagai pengelola kepelabuhanan terbesar di Indonesia mendukung cita-cita ini,” kata Department Head Program TJSL Pelindo, Febrianto Zenny Sulistyo, di Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Baca juga : Perempuan Pengusaha Indonesia Raih Global Women Empowerment Icon ke-8

Sail Teluk Cenderawasih Expo 2023 menampilkan produk unggulan daerah, khususnya sektor kelautan dan perikanan yang dapat bersaing dalam negeri maupun luar negeri. Pameran ini sekaligus mendukung pembangunan Papua khususnya bidang pariwisata.

“Salah satu tujuan dari Sail Teluk Cenderawasih ini adalah mengembangkan rute kapal layar di perairan Indonesia, dan mempersiapkan Papua sebagai tujuan wisata dunia. Pelindo yang juga beroperasi di Papua juga berkepentingan mengembangkan potensi pariwisata setempat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas masyarakat Papua,” kata Febrianto.

Baca juga : Presiden: Sail Teluk Cendrawasih 2023 Makin Menduniakan Papua

Sebagai sarana promosi, lanjutnya, Pelindo menghadirkan UMK binaan unggulan untuk diperkenalkan kepada khalayak luas. Pada kesempatan itu pihak panitia mengadakan pelatihan digital untuk UMK yang berkonsep scale up skill (meningkatkan skill).

Di ajang tersebut, berbagai jenis makanan khas Papua seperti papeda, sate ulat sagu, ikan bungkus dan makanan khas Papua lainnya dijajakan di sekitar lokasi. Para pengunjung juga dimanjakan cita rasa khas Kuliner Papua dengan penyajian yang unik dan menarik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.