Dark/Light Mode

Tagih Netralitas

Goenawan Mohamad: Rakyat Jangan Asal Pilih Pemimpin!

Kamis, 30 November 2023 16:09 WIB
Budayawan Goenawan Mohamad. Foto: Istimewa
Budayawan Goenawan Mohamad. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Budayawan Goenawan Mohamad mengingatkan masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas. Hal itu disampaikan Goenawan Mohamad mengingat Pemilu serentak 2024 akan dilaksanakan kurang dari 3 bulan lagi.

"Pemilu saat ini bukan lagi sekadar memilih Calon Presiden dan anggota dewan, tapi memilih masa depan. Jangan salah pilih pemimpin dan wakil," kata pria yang akrab disapa GM itu, dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Baca juga : Istri Mendiang Gus Dur Ajak Masyarakat Pilih Pemimpin Jujur

Menurutnya, problematika Pemilu yang terjadi saat ini harus disikapi secara cermat. Maka itu, dia berharap kepada seluruh stakeholders, termasuk penyelenggara Pemilu agar menghadirkan kesetaraan kepada seluruh peserta Pemilu.

Secara pribadi, dirinya tidak terlalu percaya dengan konsep netralitas. Karenanya, dia mengharapkan jawaban konkret dari penyelenggara Pemilu berupa transparansi dalam melaksanakan hajatan akbar lima tahunan.

Baca juga : Kritik Netralitas Pemilu Jangan Hanya Ditujukan Untuk Polri

Adapun jadwal Pemilu 2024 telah ditetapkan oleh KPU melalui Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam aturan tersebut, Pemilu 2024 akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 untuk memilih anggota DPR, DPD, dan DPRD di seluruh Indonesia.

Baca juga : TKN Sorot Intimidasi Relawan di Solo: Mohon Saling Jaga Meski Beda Pilihan

Pada waktu bersamaan akan dilaksanakan pula Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2024-2029. Dengan demikian, Pemilu 2024 akan menjadi Pemilu serentak yang dilaksanakan pada hari yang sama, yaitu 14 Februari 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.