Dark/Light Mode

Pelaku Pariwisata Nikmati Peningkatan Ekonomi Solo Di Bawah Gibran

Jumat, 1 Desember 2023 19:33 WIB
Cawapres nomor urut 2 sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 2 sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Solo menjadi salah satu destinasi wisata lokal maupun mancanegara berdampak pada peningkatan ekonomi multiplier effect.

Hal itu disampaikan oleh salah satu pelaku pariwisata sekaligus General Manager Asia Hotel di Solo, Purwanto Yudonegoro.

"Jujur sekarang ini kalau kami rasakan tidak hanya sekedar membandingkan Solo ini sangat tumbuh, development dimana-mana. Hal ini berdampak pada ekonomi masyarakat," aku Purwanto saat memberikan keterangan, Jumat (01/12/2023).

"Kami merasakan ekonomi tumbuh. Terutama yang kami rasakan adalah sektor pariwisata. Karena kami pelaku pariwisata, saya orang hotel. Saya rasakan dari situ," tutur Purwanto.

Purwanto mengakui bahwa peningkatan ekonomi tidak terlepas Solo menjadi kota vital tourism industry.

Baca juga : Kolaborasi Pariwisata, Indonesia Dan Rusia Semakin Mesra

"Jadi Mas Gibran bisa merampungkan juga proyek besar terutama objek vital, aksesibilitas, sarana prasarana. Nah akhirnya kita bicara pariwisata tadi ya. Akhirnya orang juga datang. Solo sekarang menjadi destinasi. Event-event skala nasional dan internasional banyak dihelat di sini," jelasnya.

Dampak multiplier effect tersebut menurut Purwanto transportasi menuju Solo menjadi sibuk. Begitu pula transportasi darat dan akomodasi menjadi penuh.

Purwanto mengakui hal itupun dirasakan oleh para karyawannya. Pada aspek kesejahteraan mereka mengalami peningkatan.

Dalam pengamatan Purwanto, masyarakat Solo mengalami daya beli yang meningkat. Purwanto menilai menggeliatnya ekonomi Solo tidak terlepas dari kepemimpinan seorang pemimpin.

Menurutnya Gibran berhasil memimpin Solo ke arah yang lebih baik.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Peran Politik Perempuan Wirawati Catur Panca

"Nah ini sekali lagi dampak atau prestasi seorang pemimpin, walikota. Saya pernah mendengar Mas Gibran ngomong, kalau kami diberi amanah, akan betul-betul kerja ikhlas, kerja sungguh-sungguh. Nah inilah sesungguhnya kunci beliau betul-betul amanah, kerja keras, serius. Dan pasti juga ridho dari Tuhan," kata Purwanto.

Purwanto mengatakan bahwa terlepas dari persoalan politik, anak muda tidak bisa dianggap remeh.

"Saya kira ini menjadi trigger atau titik awal bagi anak-anak muda kebangkitan generasi Z. Menjadi tonggak sejarah. Mas Wali Gibran kalau diberikan amanah yang lebih besar, seyakin-yakinnya dia akan sukses, akan membawa kesejahteraan khususnya bagi bangsa kita dan umat manusia," pungkas Purwanto.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Kota Solo pada tahun 2022 tercatat mengalami pertumbuhan positif, yaitu sebesar 6,25 persen, lebih tinggi dibandingkan capaian pada tahun 2021 yang tumbuh 4,01 persen.

Selain itu, Kota Solo kembali mencatatkan sejumlah prestasi gemilang pada pertama tahun 2023. Diantaranya meraih peringkat pertama dalam daftar 40 kota ternyaman di Indonesia.

Baca juga : Indonesia Ramaikan Pameran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Internasional di China

Penilaian ini diberikan oleh sebuah halaman situs akademi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) 2022. Penganugerahan lain adalah Sertifikat Adipura Kategori Kota Besar dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 28 Februari 2023.

Kemudian meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada tanggal 14 Maret 2023. Serta Penghargaan Digital Government Award Kategori Pencapaian Indeks SPBE dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 20 Maret 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.