Dark/Light Mode

Korea Selatan-RI Sepakat Perkuat Kerja Sama Pengembangan Start-up Di Tanah Air

Selasa, 21 November 2023 19:47 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan, kerja sama dengan Korea harus dimanfaatkan secara optimal. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menekankan, kerja sama dengan Korea harus dimanfaatkan secara optimal. (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama antara Indonesia dengan Korea Selatan (Korsel) dalam pengembangan start-up di Tanah Air diharapkan terus berjalan dengan baik.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menekankan, kerja sama dengan Korea harus dimanfaatkan secara optimal, mengingat perkembangan start-up di Korea sudah sangat pesat, dan bisa dijadikan acuan untuk perkembangan ekosistem start-up di Indonesia.

Baca juga : Hamas: Kesepakatan Gencatan Senjata Dengan Israel Tinggal Selangkah Lagi

"Salah satunya dalam Korea-Indonesia Startup (KOIN) Assesment diharapkan menjadi ajang bagi Indonesia dan Korea untuk mewujudkan komitmen dalam membina dan memperkuat ekosistem start-up di masing-masing negara," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (21/11/2023).

Salah satu tujuan dari KOIN adalah memetakan sekaligus mengidentifikasi peran penting para stakeholder mulai dari Pemerintah, swasta, akademisi, hingga investor dalam memainkan masing-masing peranan untuk memecahkan berbagai permasalahan.

Baca juga : SKK Migas Anugerahkan Penghargaan Kepada 8 Program Pengembangan Masyarakat

“Dengan mengidentifikasi peran-peran ini, kita dapat menciptakan ekosistem yang mampu mendorong inovasi, sekaligus memberikan dukungan dalam menciptakan pertumbuhan start-up secara berkelanjutan,” kata Teten.

Sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) telah menjalin kerja sama dengan Korean Development Institute (KDI) melalui Knowledge Sharing Program dengan tujuan berbagi wawasan, pengalaman, dan pengetahuan terkait program kebijakan dan inovasi di Korea untuk diimplementasikan pada ekosistem start-up Indonesia.

Baca juga : Relawan Ganjaran Buruh Berjuang Jaga Ketahanan Pangan Kaum Buruh Di Pekalongan

Teten mengajak para pelaku start-up di Indonesia untuk mengambil kesempatan belajar satu sama lain, memaksimalkan potensi yang dimiliki, serta secara kolektif mengatasi tantangan yang dihadapi dalam mencapai kesuksesan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.