Dark/Light Mode

Ziarah Ke Maqbaroh Tebuireng

Mahfud Terus Terngiang Ijazah Doa Dari Gus Dur

Minggu, 3 Desember 2023 10:20 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berziarah ke makam gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan makam Hadratusyaikh Hasyim Asyari, KH. Wahid Hasyim, dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng, Sabtu (02/12/2023). Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD berziarah ke makam gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan makam Hadratusyaikh Hasyim Asyari, KH. Wahid Hasyim, dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng, Sabtu (02/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah keliling Banten, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD safari politik keliling ke sejumlah daerah di Jawa Timur (Jatim), Sabtu-Minggu (2-3/12/2023).

Berbagai kegiatan dihadiri Mahfud. Dari mulai bersilaturahmi dengan santri dan kiai, ketemu masyarakat dan relawan, hingga ziarah ke makam gurunya dan para pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Setelah bersilaturahmi dengan kiai dan santri di Trenggalek, Mahfud menuju ke Jombang.

Baca juga : Ini Saran Pakar Untuk Ganjar-Mahfud Yang Bertekad Bangun Indonesia Dari Desa

Mahfud berziarah ke makam gurunya, KH. Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang lokasinya satu kompleks dengan maqbaroh Hadratusyaikh Hasyim Asy'ari, KH. Wahid Hasyim, KH. Solahuddin Wahid dan ulama NU lainnya di Ponpes Tebuireng, Sabtu (02/12/2023).

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengaku selalu ingat pesan dan ijazah doa dari guru ideologisnya.

Gus Dur pernah berpesan, jika Mahfud hendak jadi pejabat, agar masuk dan keluarnya nyaman dan tidak membebani orang, diminta baca doa khusus.

Baca juga : Yenny Wahid: Mahfud MD Warisi Keberanian Gus Dur

Doa khusus dari Gus Dur itu nukilan dari QS Al Isra: 80 yang berbunyi:

وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍۢ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍۢ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًۭا نَّصِيرًۭ

 

Baca juga : Jurus Keluarkan Angin, Ganjar Dipijat Si Gibran

"Kira-kira doanya artinya begini, Ya Allah, bawalah aku masuk ke tempat kerja baru dengan cara yang benar. Dan nanti tolong bawa saya keluar menyelesaikan tugas itu dengan cara yang benar pula. Dan berilah kekuasaan yang bisa menolong orang banyak," ingat Mahfud usai tahlil dan tabur bunga di kompleks makam Pendiri Ponpes Tebuireng.

Di Jombang, Mahfud juga berziarah ke makam Mbah Bisri Syansuri dan ke makam K.H. Wahab Hasbullah di Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Ulum Tambakberas dan Denanyar. Rangkaian kunjungan hari pertama Mahfud di Jatim berakhir di Sidoarjo yakni menghadiri acara shalawat di GOR Sidoarjo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.