Dark/Light Mode

Belajar Sejarah

Alam Ganjar Bareng Mahasiswa Dan Influencer Sambangi Fort Rotterdam Makassar

Minggu, 3 Desember 2023 11:14 WIB
Putra Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh Muhammad Zinedine Alam Ganjar sambangi Benteng Fort Rotterdam bersama mahasiswa Universitas Negeri Makassar dan Komunitas Influencer Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Ist)
Putra Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh Muhammad Zinedine Alam Ganjar sambangi Benteng Fort Rotterdam bersama mahasiswa Universitas Negeri Makassar dan Komunitas Influencer Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh Muhammad Zinedine Alam Ganjar sambangi Benteng Fort Rotterdam bersama mahasiswa Universitas Negeri Makassar dan Komunitas Influencer Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (2/12/2023).

Benteng Fort Rotterdam menjadi salah satu monumen sejarah yang memukau di Indonesia. Dibangun oleh Belanda pada abad ke-17, tepatnya pada tahun 1667, saat Makassar menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah yang sangat penting di Nusantara.

Baca juga : Ganjar Makin Gagah Wujudkan Program 1 Desa 1 Faskes

"Kota Tua Makassar mulai dari sini (Benteng Fort Rotterdam) saat VOC mulai menguasai dan berkembang menjadi kota hingga saat ini," ungkap Tour Guide Jamal.

Salah satu fitur yang menonjol dari Fort Rotterdam adalah arsitekturnya yang khas. Dengan bangunan-bangunan berbentuk persegi yang dikelilingi oleh dinding-dinding batu bata merah, benteng ini memancarkan pesona arsitektur kolonial yang elegan.

Baca juga : Kampanye Dari Desa, Ganjar Tegaskan Identitasnya Sebagai Anak Desa

Dalam kesempatan tersebut, Alam berbincang dengan guide dan komunitas tersebut. Alam menyimak setiap informasi yang diberikan dan tampak kagum dengan keberadaan Benteng Fort Rotterdam yang berada di Makassar.

Menurutnya, keberadaan bangunan sejarah jaman kolonial Belanda yang ada di Makassar tersebut harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya sebagai simbol para pejuang kemerdekaan melawan penjajahan pada saat itu.

Baca juga : Santri Ganjar Sulsel Gelar Pelatihan UMKM Hingga Doa Bersama Di Makassar

Seperti halnya bangunan heritage di kota-kota lain, Alam mengusulkan agar Benteng Fort Rotterdam bisa diremajakan di berbagai aspek agar tetap eksis dan menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke tempat tersebut sebagai identitas asli Makassar.

"Seperti halnya Kota Lama yang ada di Semarang, Kota Tua Jakarta atau bahkan seperti di M Blok, bagaimana bisa hidup sebagai sebuah pembelajaran sejarah, tapi bisa berfungsi sebagai tempat berkumpulnya masyarakat khususnya anak muda yang hanya ingin menikmati suasana Fort Rotterdam," ujar Alam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.