Dark/Light Mode

Satu Suara Sangat Penting

Mahasiswa, Jangan Kampanye Golput!

Selasa, 7 November 2023 06:45 WIB
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda. (Foto: Dok. Bawaslu)
Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda. (Foto: Dok. Bawaslu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahasiswa diimbau tidak golput pada Pemilu 2024. Mahasiswa juga diminta tidak kampanye golput. Satu suara dalam pesta demokrasi, itu sangat bermakna.

“Mahasiswa harus menggunakan hak suaranya dengan baik. Datang ke TPS tepat waktu. Pilih peserta pemilu sesuai dengan pilihan masing-masing,” ajak Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Herwyn JH Malonda dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

Baca juga : Persija Vs PSM Makassar, Macan Kemayoran Harus Bangkit

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu ini menilai, partisipasi maha­siswa dalam tahapan pesta demokrasi sangat dibutuhkan. Baik sebagai pemilih, maupun yang ikut terlibat menjadi bagian dari penyelenggara pemilu.

Mahasiswa bisa terlibat mulai dari pe­mutakhiran data pemilih, pemungutan suara hingga ke tahapan penghitungan suara.

Baca juga : Tampung Keluhan Masyarakat, Pemuda Mahasiswa Ganjar Gelar Aksi Bakti Sosial

“Bawaslu selalu melibatkan mahasiswa dalam melakukan kerja-kerja penga­wasan,” tuturnya.

Herwyn mengatakan, potensi pemilih muda pada Pemilu 2024 sangat tinggi. Dia merujuk data Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemilih dari generasi Z dan milenial berjumlah 113.622.550 orang.

Baca juga : Ganjar Bicara Lingkungan Hingga Pendidikan, Mahasiswa Puji Gagasan Konkret-Solutif

Terdiri dari 46.800.161 orang atau 22,85 persen pemilih merupakan gen­erasi Z. Sedangkan generasi milenial sebanyak 66.822.389 orang atau 33,60 persen. Total 56,45 persen dari jumlah DPT Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Barru, Sulawesi Selatan, Najemuddin mengimbau masyarakat tidak golput. Apalagi, mengajak atau mempengaruhi orang lain untuk golput pada saat pemilu. Sekelompok orang yang mengajak untuk golput ada pidan­anya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.