Dark/Light Mode

Agus Fatoni Serahkan Kunci Rumah Layak Huni ke Warga Plaju Palembang

Senin, 4 Desember 2023 07:12 WIB
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni secara simbolis menyerahkan kunci kepada masyarakat penerima manfaat bantuan RLH di Plaju, Palembang, Sumsel, Minggu (3/12). (Foto: Dok. Pemprov Sumsel)
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni secara simbolis menyerahkan kunci kepada masyarakat penerima manfaat bantuan RLH di Plaju, Palembang, Sumsel, Minggu (3/12). (Foto: Dok. Pemprov Sumsel)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menyerahkan bantuan rumah kepada masyarakat penerima manfaat program pemugaran/peremajaan Rumah Tidak Layah Huni (RTLH). Fatoni secara simbolis menyerahkan kunci kepada masyarakat penerima manfaat di Lorong Lama, Kelurahan Bagus Kuning, Plaju, Palembang, Sumsel, Minggu (3/12).

"Kita serahkan Rumah Layak Huni (RLH) untuk masyarakat yang terdampak. Tujuannya agar masyarakat mempunyai rumah yang layak huni, sehat, dan bersih, yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan dan tumbuh kembang keluarga,” kata Fatoni.

Menurutnya, bantuan RLH ini merupakan wujud kehadiran dan kepedulian pemerintah di tengah masyarakat. Apalagi bantuan ini bersumber dari dana APBD Provinsi Sumsel yang sejatinya berasal dari rakyat. Fatoni juga mengajak pihak swasta untuk bersama-sama membangun RLH bagi masyarakat.

Baca juga : Holding PTPN III Serahkan Bantuan 2 Unit Golf Car Pada Lemhanas

"Terima kasih atas partisipasi semua yang terlibat. Alhamdulillah pembangunan RLH tepat waktu dan bisa segera dihuni oleh masyarakat penerima manfaat. Penyerahan bantuan juga sebagai perayaan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-78 Tahun 2023,” ucapnya.

Fatoni berpesan, agar masyarakat penerima manfaat bisa menjaga kebersihan lingkungan. “Meskipun Covid-19 telah berlalu, kesehatan merupakan hal penting yang harus tetap dijaga dalam kehidupan sehari-hari,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumsel Novian Aswardani menyampaikan, RLH merupakan program memperbaiki rumah tidak layak huni menjadi layak huni bagi masyarakat yang memerlukan. “Program ini bertujuan sesuai dengan semangat optimalisasi pembangunan bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca juga : Teriakan Kemenangan Dari Ribuan Masyarakat Sambut Ganjar Di Tana Toraja

Berdasarkan hasil survei di Indonesia, terdapat 54 persen RTLH termasuk wilayah Sumsel. Pada 2023, di Sumsel terdapat 25 unit rumah yang dibangun, dengan rincian 12 unit di Plaju Ilir, 5 unit di 11 Ulu, dan 8 unit di Bagus Kuning.

"Bantuan itu merupakan wujud komitmen Pemprov Sumsel melaksanakan program nasional dalam pencegahan stunting dan penanganan kemiskinan. Adapun masyarakat penerima manfaat yaitu Ningyu Hasanah, Naimah dan Novia Riani,” jelasnya.

Novia Riani, selaku penerima manfaat RLH mengaku terharu atas bantuan dan kepedulian yang diberikan Pemprov Sumsel. "Terima kasih kepada Pemprov Sumsel. Alhamdulillah, saya sudah punya rumah layak huni,” ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.