Dark/Light Mode

Lewat Pelatihan

HCML Berdayakan Ekonomi Masyarakat Pulau Mandangin

Rabu, 8 November 2023 09:00 WIB
Dermaga Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]
Dermaga Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) secara aktif berperan memberdayakan ekonomi warga di kepulauan Desa Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur, melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM).

Head of Field Relations HCML, Ali Aliyuddin menjelaskan, PPM ini merupakan bentuk komitmen atas kepedulian perusahaan kepada warga yang tinggal di sekitar wilayah operasi.

“Program ini merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan manfaat positif kepada masyarakat terdampak di sekitar wilayah kerja HCML," katanya, dalam Kunjungan Lapangan Media Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan KKKS di Madura, Kamis (2/10/2023).SKK Migas adalah satuan kerja khusus yang ditugaskan Pemerintah, dalam hal ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, untuk mengelola kegiatan usaha hulu Minyak dan Gas Bumi, berdasarkan Peraturan Presiden No. 95/2012 jo. Peraturan Presiden No. 9/2013, sebagaimana diubah dengan Peraturan Presiden No. 36/2018 jo. Peraturan MESDM No. 2/2022.

Head of Field Relations HCML, Ali Aliyuddin [kiri] dan Bukhori Muslim, pemilik bengkel motor binaan HCML di Pulau Mandangin, desa dan pulau di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

Baca juga : Pertamina EP DMF Berdayakan Masyarakat Adat Togong Tanga Berbasis Budidaya Lebah

SKK Migas bertugas mengelola kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan maksimal bagi negara, untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Ali mengatakan, ada dua kegiatan pelatihan, yaitu pembekalan pengetahuan tentang mekanik terhadap pemuda Mandangin dan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk olahan makanan.

Pelatihan juga diperuntukkan bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Mandangin, untuk meningkatkan hasil produksi olahan makanan, termasuk pengemasan dan pemasaran. Karena dengan produksi olahan makanan dan pengemasan secara tradisional, UKM di Mandangin hanya mampu menjangkau penjualan di wilayah setempat.

Baca juga : Masyarakat Masih Boleh Kok Gunakan Air Tanah

Manfaat tersebut misalnya, dirasakan langsung oleh pemilik UKM “Sambal Dapoer Haidar”, Diana Safira. Ia menyebut, SKK Migas dan HCML telah membantu usahanya sejak 2019 lalu dengan memberikan beberapa pelatihan.

“Dulu omzet kami hanya Rp 300-500 ribu per bulan, karena hanya bisa menjual di Mandangin saja. Tapi dengan bantuan HCML, kami bisa menjual ke toko online dan keluar Pulau Mandangin,” ujar dia.

Diana menyebutkan, berkat bantuan pelatihan pengemasan dan pemasaran omzetnya bertambah hingga 70 persen per bulannya. “Alhamdulillah, saya berterimakasih kepada SKK Migas dan HCML, karena sudah membimbing, melatih dan banyak membantu pengembangan usaha kami,” kata dia.

Baca juga : Simone Pastikan Benjamin Pavard Bakal Absen Panjang

Adapun pembekalan keterampilan mekanik kepada sejumlah pemuda Desa Mandangin, mampu meningkatkan tambahan pendapatan di luar hasil nelayan. "HCML tidak hanya mendatangkan tenaga pengajar pelatih, melainkan juga membantu peralatan usaha mekanik untuk dikembangkan oleh sekelompok pemuda yang menyukai dunia montir," ucap Ali.

Bukhori Muslim di bengkel motor miliknya di Pulau Mandangin desa dan pulau di Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. [Foto: Muhammad Rusmadi/RM.id]

Saat ini, dari hasil pelatihan tersebut, ada dua bengkel yang sudah beroperasi penuh di Pulau Mandangin. Diharapkan, keberadaan bengkel ini bisa menjadi alternatif usaha yang bisa dilakukan warga Pulau Mandangin, yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.