Dark/Light Mode

Tiba Di Toraja, Alam Ganjar Diteriaki Ganjar Presiden Oleh Warga

Senin, 4 Desember 2023 11:34 WIB
Muhammad Zinedine Alam Ganjar disambut hangat oleh sekelompok masyarakat yang menggunakan baju adat Toraja. Dirinya dikalungkan kain khas Toraja sebagai simbol persahabatan dan diterimanya Alam di Toraja. (Foto: Ist)
Muhammad Zinedine Alam Ganjar disambut hangat oleh sekelompok masyarakat yang menggunakan baju adat Toraja. Dirinya dikalungkan kain khas Toraja sebagai simbol persahabatan dan diterimanya Alam di Toraja. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammad Zinedine Alam Ganjar disambut hangat oleh sekelompok masyarakat yang menggunakan baju adat Toraja. Dirinya dikalungkan kain khas Toraja sebagai simbol persahabatan dan diterimanya Alam di Toraja.

Tak berlangsung lama setelah kedatangannya, Alam pun langsung diteriaki 'Ganjar-Mahfud Presiden' oleh sejumlah warga yang melihat kedatangannya di Desa Adat Sa'dan, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Minggu (3/12/2023).

Di desa tersebut, Alam diajak mengunjungi beberapa spot indah, seperti rumah adat khas Toraja, jernihnya sungai dibalut dengan persawahan sore hari dan diajak untuk melihat hasil karya pengrajin Toraja.

Baca juga : Malam Ini, Pendekar Cisadane Tak Gentar Hadapi Persija

Alam pun takjub dengan keindahan Toraja sejak dirinya mendarat dari Makassar. Menurutnya, Toraja punya ciri khasnya tersendiri dalam hal keindahan alam dan adat istiadat masyarakat yang masih kuat. 

“Toraja ini luar biasa," ungkap putra tunggal Ganjar Pranowo itu.

Setelah disambut di Rumah Adat Sa'dan, Alam pun diajak untuk menyambangi rumah duka yang biasa digunakan dalam melangsungkan upacara adat kematian warga. 

Baca juga : Temui Ketua Sinode GMIT, Ganjar Dapat Masukan Soal Pendidikan Hingga Infrastruktur

Masyarakat adat yang menerima Alam dan menceritakan tradisi dan tata cara masyarakat Toraja menguburkan jenazah yang sudah meninggal, salah satunya tradisi potong kerbau.

"Terima kasih Bapak/Ibu sudah menerima kedatangan kami dengan hangat, apabila Bapak/Ibu datang ke kediaman kami, kami pun akan menerima dengan sepenuh hati, sehat selalu," kata Alam.

Alam dijadwalkan berada di Toraja selama dua hari. Dirinya akan berkunjung ke sejumlah tempat wisata dan bertemu dengan jaringan pemuda, masyarakat adat setempat. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.