Dark/Light Mode

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Perpusnas Hadirkan Pocadi di Kejari Cilegon

Selasa, 5 Desember 2023 13:43 WIB
Peresmian Pojok Baca Digital di Kantor Kejaksaan Negeri Cilegon, Banten, Selasa (5/12). (Foto: Dok. Perpusnas)
Peresmian Pojok Baca Digital di Kantor Kejaksaan Negeri Cilegon, Banten, Selasa (5/12). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) terus melakukan kolaborasi dan penguatan sinergi untuk meningkatkan literasi. Yang terbaru, Perpusnas menjalin kolaborasi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Cilegon, dengan menyediakan Pojok Baca Digital (Pocadi). Peresmian Pocadi ini dilakukan dalam rangkaian Temu Wicara Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Cilegon, Banten, Senin (4/12). 

Pocadi yang diberikan merupakan bentuk dukungan Perpusnas terhadap pengembangan literasi di Cilegon. Wali Kota Cilegon Heldy Agustian menyambut baik hal ini. Dia pun berharap, pengembangan titik literasi tidak hanya ditempatkan di Kantor Kejari, tapi juga menyasar di lokasi publik lainnya.

"Kalau bisa diperluas layanan Pocadi hingga ke arena publik lainnya, seperti pusat perbelanjaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), dan sebagainya," ucap Heldy. 

Baca juga : Program Pemberdayaan Masyarakat Pertamina Tampil Di COP28

Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Adin Bondar menyatakan, perluasan pengetahuan dan informasi serta layanan perpustakaan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Termasuk Pocadi atau program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS). 

"Kami akan terus mendorong pengembangan akses informasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi kapan pun dan di mana pun," ujar Adin. 

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Banten Didik Farkhan menerangkan, penyelenggaraan PILM ini merupakan kali pertama kolaborasi dengan Perpusnas. Dia pun menegaskan, kejaksaan akan turut serta mendorong meningkatkan literasi masyarakat. “Ini awal baru bagi kami ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," ucapnya.

Baca juga : Sinar Mas Hadirkan Biomedical Campus Di BSD City

Ketua DPRD Kota Cilegon Isra Mi'raj menambahkan, sosialisasi kepada masyarakat terkait kehadiran layanan literasi juga menjadi sangat penting agar pemanfaatan layanan tersebut lebih maksimal dan berdampak.

Kota Cilegon telah menerima banyak bantuan dari Perpusnas, mulai dari buku siap layan, Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan fisik gedung perpustakaan, hingga Pocadi. "Pocadi di Cilegon merupakan titik ketiga bantuan yang diberikan Perpusnas," ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cilegon Ismatullah.

Pada kesempatan yang sama, Duta Baca Indonesia Gol A Gong mengatakan pentingnya membentuk episentrum literasi di tiap daerah sehingga bisa dioptimalkan masyarakat sekitar, juga para siswa.

Baca juga : Lebih Dekat Dengan Masyarakat, MODENA Mobile Hadir di Sejumlah Titik Jabodetabek

Kegiatan peningkatan literasi tidak harus diramaikan Perpusnas. “Semua pihak harus turun bahu-membahu aktif, karena tugas mencerdaskan anak bangsa bukan tugas parsial,” ucap Pustakawan Utama Perpusnas Abdullah Sanneng.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.