Dark/Light Mode

Pos Indonesia Kolaborasi Kemenag Dorong Peningkatan Layanan Pendidikan

Kamis, 19 Oktober 2023 19:39 WIB
Pos Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Agama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (19/10). (Foto: Dok. Pos Indonesia)
Pos Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Agama di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (19/10). (Foto: Dok. Pos Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pos Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Agama (Kemenag) di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis (19/10).

Kesepakatan tersebut berisi sinergitas tugas dan fungsi pada layanan pendidikan dan keagamaan kedua belah pihak.

Kerja sama tersebut ditandatangani Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Tonggo Marbun dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Nizar Ali.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Senior Vice President (SVP) Enterprise Business Pos Indonesia, Arifin Muchlis serta perwakilan dari Kementerian Agama.

Baca juga : Konferensi IKAI Ke-2 Dukung Pertumbuhan Perseroan dan Pengendalian Risiko

“Kerja sama antara Pos Indonesia dan Kemenag merupakan bentuk komitmen kedua belah pihak dalam meningkatkan layanan pada bidang pendidikan dan keagamaan," ujar Tonggo dalam keterangannya, Kamis (19/10).

Hal ini meliputi pemanfaatan layanan jasa kurir dan logistik, pelayanan jasa keuangan, pemanfaatan layanan persuratan, dan bentuk kerja sama saling menguntungkan lainnya.

Lebih lanjut Tonggo mengatakan, kerja sama ini akan memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh Pos Indonesia dalam bidang kurir dan logistik yang mampu menjangkau wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan pengiriman surat dan barang dari Kementerian Agama.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

“Potensi menggarap layanan ini (pengiriman surat dan barang) cukup besar. Mengingat Kemenag memiliki kantor yang tersebar di setiap wilayah, lembaga pendidikan, dan institusi lainnya. Kami optimistis Pos Indonesia dapat melakukan layanan ini secara optimal,” ujar Tonggo.

Tonggo menambahkan berlangsungnya kerja sama ini tak lepas dari ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM), sarana, dan prasarana yang dimiliki oleh Pos Indonesia yang tersebar di pelosok negeri.

Tercatat, terdapat lebih dari 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

Selain itu, Pos Indonesia turut melakukan sosialisasi layanan pos di semua kantor dan lembaga di bawah Kemenag.

Baca juga : Lindungi Industri Nasional, Kemenperin Ingin Pengawasan Lartas Impor Di Border

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenag, Nizar Ali, menuturkan, kerja sama dengan Pos Indonesia merupakan upaya Kemenag dalam meningkatkan layanan pada bidang pendidikan dan keagamaan.

“Semoga dengan adanya Nota Kesepakatan tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi pada Kemenag dan Pos Indonesia, pelayanan Kemenag dapat berjalan dengan baik, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong,” ujar Nizar Ali.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.