Dark/Light Mode

Pengalaman Bangun 4 RSUD, Bang Zaki Siap Benahi Kesehatan Warga Jakarta

Selasa, 12 Desember 2023 13:20 WIB
Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komitmen Ahmed Zaki Iskandar alias Bang Zaki di bidang kesehatan sudah terbukti. Dua periode menjabat Bupati Tangerang 2013-2023 berhasil membangun empat RSUD. Kesuksesan ini jadi modal Bang Zaki benahi kesehatan warga Jakarta.

Empat RSUD yang dibangun Bang Zaki adalah RSUD Kabupaten Tangerang, RSUD Pakuhaji, RSUD Tigaraksa, dan. RSUD Balaraja. 

Bang Zaki, mengungkapkan bahwa setiap RSUD memiliki spesialisasi tersendiri. Pertama adalah RSUD Kabupaten Tangerang yang merupakan RS tipe B memiliki kemampuan dalam bedah jantung dan donor darah.

"RSUD Kabupaten Tangerang menyediakan layanan bedah jantung terbuka. Di sana ada ruang operasi, alat serta sumber daya dokter spesialis sub jantung terbuka," tutur dia.

Selain itu, ada RSUD Balaraja. RS ini adalah spesialis organ dalam, seperti mata, paru-paru, urologi, neurologi hingga orthopedi. "RSUD Balaraja ini spesialis penyakit-penyakit dalam, karena kan dekat dengan industri yang memiliki risiko tinggi kayak patah tulang," jelas Bang Zaki yang juga Caleg DPR Dapil DKI Jakarta III.

Baca juga : Malam Ini, Maung Bandung Siap Terkam Macan Putih

Kemudian ada RSUD Pakuhaji yang khusus dalam penyakit berdasarkan virus dan teling, hidung dan tenggorokan (THT). Alasannya adalah karena di Pakuhaji memiliki pengalaman kejadian luar biasa, seperti muntaber serta kolera.

"Yang terakhir ada RSUD Tigaraksa yang ke depannya menjadi pusat darah dan pusat penyakit dalam. Jadi semua RSUD di Kabupaten Tangerang ini saling melengkapi," jelas Bang Zaki.

Secara total, Kabupaten Tangerang telah memiliki empat RSUD dan 44 puskesmas dengan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang lengkap. Untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang prima, sebanyak 33 puskesmas sudah dapat memberikan pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) yaitu layanan persalinan ibu hamil secara sehat.

Selain itu, 12 puskesmas tercatat telah terakreditasi, 10 puskesmas sudah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD), dan tujuh puskesmas sudah dapat memberikan layanan rawat umum dasar. Ketujuh puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Balaraja, Puskesmas Keronjo, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Mauk, Puskesmas Curug, Puskesmas Kresek, dan Puskesmas Cisoka.

Selain itu, Bang Zaki juga menjalankan program unggulan Gerakan Tangerang Sehat yang bertujuan memenuhi kebutuhan serta meningkatkan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan di Kabupaten Tangerang. Seperti peningkatan fasilitas kesehatan, yakni Puskesmas Cisoka yang memberikan layanan unit gawat darurat (UGD), rawat jalan, rawat inap serta persalinan 24 jam.

Baca juga : Hari Penting Yang Diperingati Setiap 5 Desember Dan Sejarah Yang Perlu Diketahui

Kabupaten Tangerang pun diketahui merupakan satu-satunya RSUD tingkat kabupaten/kota di Banten yang memiliki klinik endoskopi, yakni di RSUD Balaraja. Endoskopi ini merupakan prosedur medis yang memungkinkan dokter mendiagnosis masalah pada tubuh tanpa melakukan pembedahan.

Inovasi lainnya adalah menyediakan layanan bedah jantung terbuka di RSUD Kabupaten Tangerang. Ruang operasi, alat serta sumber daya dokter spesialis sub jantung terbuka juga telah tersedia. Fasilitas bedah jantung di RSUD ini menjadikan Kabupaten Tangerang merupakan satu-satunya daerah Kabupateng yang memiliki rumah sakit dengan kemampuan bedah jantung canggih.

Layanan lain yang naik kelas adalah sistem milik Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang yang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Donor Darah (SiDoni) yang terintegrasi tidak hanya melayani donor darah secara digital, melainkan layanan kesehatan lainnya. Jadi tidak hanya memenuhi informasi kebutuhan darah saja, tapi juga kebutuhan mobil ambulans, mobil jenazah, informasi ketersediaan ruang rawat inap hingga jadwa dokter di rumah sakit umum dan swasta.

Kemudian juga dilakukan renovasi Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Tangerang yang kini memiliki alat-alat kesehatan yang canggih se-Jabodetabek, seperti Nucleic Acid Test yang mampu mendeteksi berbagai penyakit dari darah. Mulai dari Sipilis, Hepatitis B, Hepatitis C dan HIV/AIDS. PMI Kabupaten Tangerang juga memiliki Bumi Perkemahan dan sedang mempersiapkan dibentuknya sekolah tinggi untuk tenaga-tenaga donor darah.

Upaya lainnya adalah melakukan langkah promotif dan preventif kesehatan bagi ibu hamil melalui peningkatan kualitas pemeriksaan kesehatan yang dilakukan dengan inovasi baru bernama ‘Siaga Bagi Ibu Hamil untuk Pemeriksaan Kesehatan dan Laboratorium’ (Si Ibu Peri). Tujuannya adalah untuk memberikan akses bagi ibu hamil dalam memantau kesehatan mereka dan janin yang dikandung, terutama di daerah pedesaan atau terpencil.

Baca juga : Alokasi Dana Rp111 Triliun Siap Untuk Kesejahteraan Warga Jateng

Rekam jejak Bang Zaki yang fokus untuk mengintegrasikan fasilitas kesehatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat tidak perlu diragukan lagi. Bang Zaki yang juga Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta pun akan turut menaruh perhatiannya kepada penyelarasan kebutuhan masyarakat fasilitas kesehatan yang ada di ibu kota.

"Sekarang ini Jakarta memiliki 60 RSUD, tipe B sampai D, kita ingin semua naik kelas. RSUD dari tipe D jadi C, C jadi B dan B jadi A. Semua pelayanan juga akan kita selaraskan dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kita juga akan fokus pada Kepulauan Seribu yang masih sangat sulit mendapat akses layanan kesehatan," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.