Dark/Light Mode

Resmikan 3 Terminal, Jokowi Tekankan Pentingnya Konektivitas Untuk Ekonomi Lokal

Kamis, 14 Desember 2023 14:07 WIB
Presiden Jokowi saat meresmikan 3 terminal serentak di 3 daerah di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (13/12). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi saat meresmikan 3 terminal serentak di 3 daerah di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (13/12). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meresmikan Terminal Tipe A Tingkir, Terminal Paya Ilang, dan Terminal Anak Air di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (13/12). 

Dalam sambutannya, ia menekankan pembangunan sarana dan prasarana transportasi publik sebagai kunci untuk meningkatkan konektivitas antardaerah.

“Pembangunan sarana dan prasarana transportasi ini sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antarkota, antardaerah, dan mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat,” ucap Presiden.

Baca juga : 66 Tahun Pertamina Membangun Ketahanan Energi Dan Ekonomi RI

Jokowi melanjutkan, sarana dan prasarana transportasi ini penting untuk mengatasi lonjakan penumpang. Contohnya ketika libur hari raya dan tahun baru. 

"Kalau pas enggak banyak penumpangnya gak terasa, tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa seperti saat libur hari raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini," tambahnya.

Sebagai informasi, Terminal Tipe A Tingkir di Kota Salatiga, dengan biaya Rp 34,8 miliar, melayani 235 layanan bus per hari AKAP dan AKDP. 

Baca juga : Ganjar Tekankan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat Dalam Pembangunan IKN

Sementara Terminal Paya Ilang di Aceh Tengah menelan biaya Rp22 miliar dan Terminal Anak Air di Padang (Rp94,8 miliar) dengan layanan masing-masing 91 dan 109 bus per hari.

Presiden bilang, ketiga terminal tersebut dilengkapi fasilitas pendukung sangat modern, tidak hanya sekedar tempat naik dan turun penumpang.

 "fungsi lain seperti pusat kegiatan UMKM, pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial, dan lain-lainnya," tuturnya.

Baca juga : Lestari: Pariwisata Genjot Pertumbuhan Pusat Kekuatan Ekonomi Nasional

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, menambahkan harapan bahwa terminal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. 

"Jadi harapan kita, terminal ini juga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat di sekitar, khususnya di Salatiga dalam memasarkan produk-produk UMKM-nya,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kesempatan tersebut adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani, Wali Kota Padang Hendri Septa, serta Pj. Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.