Dark/Light Mode

Debat Pilpres Perdana

Benny Rhamdani Puji Ganjar Ungkit Kasus Penghilangan Paksa 98

Kamis, 14 Desember 2023 20:15 WIB
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampil apik dalam debat perdana yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Istimewa
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampil apik dalam debat perdana yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN), Benny Rhamdani menilai Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo tampil apik dalam debat perdana yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta, Selasa (12/12/2023) malam.

Menurut Benny, debat perdana yang mengangkat tema hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi itu, menjukkan level kualitas Ganjar sebagai pemimpin.

Utamanya, sebut dia, saat Ganjar menanyakan tentang makam 13 korban Penghilangan Paksa 98 kepada Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Baca juga : Tenang Saat Debat Perdana, TPN Sebut Ganjar Sukses Bikin Penonton Terpana

"Ketika Ganjar menayakan di mana makam para aktivis 98 yang dulu diculik dan dibunuh akhirnya tidak pernah kembali ke keluarganya, itu adalah pertanyaan seorang pemimpin. Pak Prabowo nggak bisa menjawab," kata Benny dihubungi, Kamis (14/12/2023).

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani (Hanura) itu, Ganjar sangat layak mempertanyakan hal tersebut. Namun, Capres nomor urut 2 itu tidak menjawab pertanyaan dari Ganjar. Memilih untuk mengalihkan subtansi dari pertanyaan Ganjar.

Benny menilai sikap Prabowo menunjukkan tidak adanya rasa empati kepada keluarga korban.

Baca juga : Lari Pagi, Ganjar Lebih Banyak Disapa Warga, Dibilang Mantap Tadi Malam

"Malah dia membandingkan kematian para aktivis dengan orang yang hilang di pasar," sesal Benny.

Lebih mirisnya lagi, tambah dia, Prabowo memperkenalkan sejumlah aktivis 98 yang saat ini mendukungnya, seperti Budiman Sudjatmiko, Agus Jabo, Fahri Hamzah, dan sejumlah aktivis lainnya.

Kemudian, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Barisan Rakyat Indonesia Kawal Demokrasi (Barikade) 98 ini heran Prabowo mengaitkan tragedi penculikan tersebut tidak mempengaruhi elektoralnya.

Baca juga : Prabowo Jawab Isu HAM Dengan Percaya Diri

Dalam debat capres tersebut, Benny memberikan nilai 10 kepada Ganjar. Artinya sangat memuaskan. "Kalau angkanya 10. Ganjar 10, Anies 8 Prabowo 5," nilai Benny.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.