Dark/Light Mode

Jelang Debat Capres Perdana, Ganjar-Mahfud Dinilai Sosok Pengalaman Di Bidang Hukum

Selasa, 12 Desember 2023 15:11 WIB
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai bakal membawa Indonesia menuju supremasi hukum sebagai landasan kuat. (Foto: Instagram ganjar pranowo)
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai bakal membawa Indonesia menuju supremasi hukum sebagai landasan kuat. (Foto: Instagram ganjar pranowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapasitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dinilai bakal membawa Indonesia menuju supremasi hukum sebagai landasan kuat untuk melambungkan ekonomi Indonesia menuju pertumbuhan 7 persen.

Hal ini didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni kedua sosok pemimpin tersebut selama ini.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengatakan supremasi hukum merupakan landasan untuk melambungkan ekonomi Indonesia menuju pertumbuhan 7 persen.

Hal itu, kata Emrus dapat direalisasikan oleh pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Menurut Emrus, Ganjar-Mahfud memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni pada persoalan hukum.

Baca juga : Relawan Progresif Tetap Optimis Ganjar-Mahfud Bakal Menang

“Perlu diingat pula bahwa Ganjar-Mahfud tidak hanya menguasai teori tetapi juga praktiknya. Mereka sudah teruji dalam banyak hal.

Pengalaman mereka sangat lengkap dalam semua aspek. Sehingga saya optimis, untuk debat pertama ini, pasangan Ganjar-Mahfud MD akan memenangkannya dan mendekati angka sempurna,” kata Emrus, Selasa (12/12/2023).

Adapun debat Capres-Cawapres putaran pertama akan dilaksanakan mam ini dengan tema Pemerintahan, Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

"Topik yang sangat dikuasai oleh paslon Ganjar-Mahfud. Dari latar belakang pendidikan, keduanya adalah sarjana hukum," ungkapnya.

Emrus bilang, pengetahuan Mahfud MD di bidang hukum sangat ngelotok. Selain pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi, kini Mahfud juga menjabat sebagai Menko Polhukam.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Baiknya Klarifikasi Konsep Presiden Petugas Partai

"Jauh sebelumnya Mahfud sempat dipercaya sebagai Menkumham. “Lengkap sekali,” terang Emrus.

Sementara background Ganjar juga hampir lengkap. Selain pernah menjadi legislator, dia juga merupakan Gubernur Jawa Tengah dua periode.

“Dengan demikian ia punya pengalaman yang lengkap pula sebagai perumus kebijakan dan pelaksana kebijakan,' lanjut Emrus.

Dari aspek HAM, kedua tokoh ini dikenal sebagai orang yang pluralis. Menjunjung tinggi inklusif dan peduli pada kepentingan orang-orang kecil dan marginal.

“Sebagai tokoh yang pluralis kedua tokoh ini sangat menghargai HAM,” jelas Emrus.

Baca juga : TPN Yakin Debat Capres-Cawapres Jadi Panggung Ganjar-Mahfud

Lebih lanjut, Emrus menilai keduanya merupakan sosok yang bersih. Tidak pernah tersangkut kasus hukum. Apalagi korupsi.

"Saya rasa semua orang akan mengakui bahwa Mahfud MD adalah salah satu tokoh yang sangat bersih. Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar sangat menanamkan sikap anti korupsi ke bawahannya," cetus dia.

Emrus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terayu dengan kata-kata manis dalam penyampaian program debat nanti malam.

Menurutnya, masyarakat perlu melihat rekam jejak dan pengalaman dari paslon.

“Diharapkan masyarakat yang masih ragu, swing voters yang ada sekarang akan memantapkan pilihan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang menguasai secara teori, punya pengalaman menerapkannya dan tokoh yang bersih yakni Ganjar-Mahfud,” pungkas Emrus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.