Dark/Light Mode

Gempa Terkini M 5.4 Guncang Maluku Tenggara Barat, Apakah Berpotensi Tsunami?

Jumat, 15 Desember 2023 07:50 WIB
Ilustrasi pusat gempa terkini di Maluku Tenggara Barat, Jumat (15/12). (Foto: BMKG)
Ilustrasi pusat gempa terkini di Maluku Tenggara Barat, Jumat (15/12). (Foto: BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa terkini berkekuatan magnitudo 5.4 mengguncang wilayah Maluku Tenggara pada Jumat pagi (15/12).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tersebut terjadi pada pukul 07:02:09 WIB. 

Baca juga : Gempa M4,6 Guncang Kabupaten Sukabumi, Kedalaman 5 Km

Menurut BMKG, lokasi episenter gempa berada pada koordinat 6.94 LS dan 129.68 BT, sekitar 213 km Barat Laut dari Maluku Tenggara Barat. 

Gempa ini juga memiliki kedalaman sekitar 178 km. Sehingga, meskipun kekuatan gempa cukup signifikan dengan kekuatan magnitudo 5.4, BMKG belum menyebutkan potensi tsunami akibat gempa tersebut. 

Baca juga : Gempa Terkini Magnitudo 3.2 Guncang Ogan Komering Ulu Selatan, Sumsel

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan yang signifikan akibat gempa ini. Sejumlah gempa susulan dengan magnitudo yang lebih rendah mungkin terjadi, dan warga diminta untuk tetap waspada terhadap potensi guncangan susulan.

Penting untuk diketahui bahwa Indonesia, sebagai bagian dari Cincin Api Pasifik, merupakan daerah yang rentan terhadap aktivitas seismik. Oleh karena itu, pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap potensi risiko gempa bumi sangat diperlukan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.