Dark/Light Mode

Keamanan Digital Jadi Benteng Penggunaan Teknologi Bagi Kaum Perempuan

Jumat, 15 Desember 2023 17:36 WIB
Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital yang digelar Kemenkominfo di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023). (Foto: Dok. Kemenkominfo)
Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital yang digelar Kemenkominfo di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023). (Foto: Dok. Kemenkominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemenuhan informasi secara informal dan fasilitasi sanak keluarga serta alur pengetahuan merupakan peran penting perempuan.

Terlebih lagi dengan makin maraknya kejahatan digital, sangatlah krusial bagi keluarga untuk memperkuat benteng pertahanan, supaya meminimalisir risiko yang ada.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Kominfo Ilma Nugrahani Ismail mengatakan sebagai perempuan kita memiliki peran yang signifikan dalam keluarga, sudah sepatutnya kita harus menyiapkan diri dari ancaman digital.

Menurutnya semua pihak saling belajar edukasi, mengingatkan, dan memahami tentang literasi digital.

"Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan di indonesia, DWP memiliki standing position dan mengambil peran strategis untuk pembangunan nasional,” jelasnya di acara, “Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan ‘Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital’” di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023).

Baca juga : Melalui Dialog Inovasi, LAN Bangun Ekosistem Pengetahuan Inovasi Untuk Negeri

Ilma menambahkan, hubungan interpersonal yang terbangun dalam Dharma Wanita Persatuan memudahkan pertukaran informasi dan mempererat hubungan di antara wanita.

"Sehingga kegiatan talk show menjadi cara efektif untuk membuat informasi literasi digital tersebar dengan baik," ujar Ilma.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Menteri Budi membawakan materi yang berkenaan dengan urgensi kaum perempuan dalam dunia digital.

“Sudah selayaknya kita jadikan momentum untuk perempuan indonesia merapatkan barisan untuk mampu menginspirasi kaum perempuan agar pandai dan cakap untuk memaksimalkan potensi penggunaan teknologi digital,” ujar Menteri Budi.

Baca juga : Jangan Anggap Enteng Peretasan Data Pemilih

Ia menambahkan bahwa, kemampuan literasi digital yang baik bagi wanita termasuk memahami dan menciptakan informasi yang bermanfaat melalui teknologi digital.

Hal ini dapat dimaksimalkan pula dengan pemahaman yang menyeluruh terhadap gadget yang dimiliki, serta risiko dari keteledoran dan pengendalian diri yang buruk.

Sementara itu, Yosi Mokalu, figur publik pegiat literasi digital mengemas singkat,

“Kita harus belajar pengendalian terhadap gadget, tapi pengendalian diri juga sangat penting," ujar Yosi.

Menurutnya, potensi penggunaan teknologi digital ini meliputi pengamanan data diri pribadi, kritis dalam menerima informasi, serta bijak dalam pemanfaatan teknologi.

Baca juga : Wamentan Dorong Lampung Selatan Jadi Percontohan Koperasi Ternak Berkualitas

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini khususnya untuk perempuan dapat mengurangi risiko terhadap pencurian data pribadi dengan meningkatkan pengamanan mulai dari gadget sendiri," ujar Yosi.

Sebagai informasi, Kegiatan Literasi Digital Bagi Perempuan “Yuk, Lebih Cakap di Ruang Digital” merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.