Dark/Light Mode

Kepala Balai Pelaksana Jalan Wilayah XII Kaltim Kena Ciduk KPK

Selasa, 15 Oktober 2019 23:26 WIB
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan (Foto: Tedy Kroen/RM)
Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini, dilakukan di Kalimantan Timur. "Tim kita memang sedang ada di Kaltim ya, tapi masih di dalam pengembangan," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Selasa (15/10) malam.

Beberapa orang sudah diamankan dan akan dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, Rabu (16/10) pagi. "Belum selesai. Tapi kalau tidak salah ada delapan orang," tutur Basaria, saat ditanya berapa jumlah orang yang diamankan.

Baca juga : Demo Halal, Haram Paksakan Kehendak

Namun, Basaria memastikan, bukan kepala daerah yang diamankan dalam kegiatan penindakan itu. "Nggak. Ini urusannya dengan Kepala Balai," imbuh pensiunan jenderal polisi bintang dua itu.

Basaria juga mengaku belum mengetahui jumlah uang yang disita. Sebab, hal itu masih dalam pengembangan. "Tapi yang pasti, pelaku utamanya sudah di tangan kita sekarang," tandasnya.

Baca juga : Kendalikan Penyaluran Biosolar, Pertamina Terapkan Kartu Kendali

Terkait hal ini, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menambahkan, OTT tepatnya dilakukan di Samarinda, Bontang, dan Jakarta. "Total kami amankan 8 orang. 7 di antaranya di Polda Kaltim untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," ujar Febri di tempat yang sama.

Kepala Balai yang diamankan adalah Kepala Balai Pelaksana Jalan Wilayah XII Refly Ruddy Tangkere. Ia ditangkap di Jakarta. Selain Refly, KPK juga menciduk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan staf di balai tersebut, serta beberapa orang pihak swasta.

Baca juga : Kemarau Tak Halangi Upaya Pacu Produksi Padi

"Tujuh di antaranya, kami lakukan pemeriksaan di Polda Kaltim. Satu orang sedang menjalani pemeriksaan di kantor KPK Jakarta," tutup Febri. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.