Dark/Light Mode

Pengamat Sebut Isu Ganjar Boneka Megawati Cuma Gorengan

Kamis, 21 Desember 2023 21:03 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing meyakini Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo merupakan sosok yang independen.

Karena itu, Emrus berpandangan Ganjar bukan boneka Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagaimana yang kerap dilontarkan. "Pasti Ganjar tidak akan jadi boneka," kata Emrus, Kamis (20/12/2023).

Menurut dia, kekhawatiran bahwa Ganjar akan menjadi boneka Megawati merupakan isu gorengan. Hal tersebut sama dengan cap yang kerap dilontarkan kepada Ganjar sebagai petugas partai.

Baca juga : Relawan Petebu Ganjar Bantu Warga Prasejahtera Ciamis Penuhi Kebutuhan Pangan

"Kalau selama ini ada orang menggoreng-goreng petugas partai itu hasil gorengan itu," tegas dia.

Dia meyakini, track record Ganjar telah menunjukkan bahwa dirinya merupakan sosok independen. Hal tersebut akan dia teruskan ketika menjadi presiden, dengan slogan utama Ganjar yang terkenal, 'Tuanku, ya Rakyat'.

"Siapapun menjadi presiden termasuk Ganjar, tentu tugas itu sudah diembannya. Dalam melaksanakan tugas itu dia independen. Tidak di bawah pengaruh partai," jelas dia.

Baca juga : Asosiasi Pedagang Seluruh Indonesia Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran

"Ganjar sudah pasti di independen. Independen artinya tidak di bawah bayang-bayang atau pengaruh ketua umum partai," imbuh dia. 

Lagipula, partai politik tidak bakal mau mengambil risiko ditinggalkan publik lantaran menjadikan orang nomor 1 republik ini sebagai boneka. Tentu, partai politik tidak akan membuat lubang yang menjerumuskan dirinya sendiri.

"Karena partai itu akan rugi sendiri. Maka rakyat tidak akan memilih partai itu. Karena dia tersandera oleh Partai. Partai tidak akan mau presiden yang diusungnya menjadi boneka," tukas dia.

Baca juga : Mengenal Sosok Ganjar Pranowo, Dari Jualan Bensin Hingga Jadi Capres

"Karena itu saya pastikan bahwa partai siapapun presiden pemenangnya nanti, partai tidak akan membuat calonnya menjadi boneka demikian juga Ganjar tidak akan menjadi boneka bagi partai pengusung," lanjut Emrus menandaskan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.