Dark/Light Mode

Mengenal Sosok Ganjar Pranowo, Dari Jualan Bensin Hingga Jadi Capres

Selasa, 19 Desember 2023 17:47 WIB
Capres Ganjar Pranowo/IG
Capres Ganjar Pranowo/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Mungkin masyarakat masih banyak yang belum tahu sosok Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo saat remaja. Karena lahir dari keluarga sederhana, ketika remaja Ganjar tak malu jualan bensin.

Saat Ganjar akan memasuki SMP, keluarganya pindah ke Kutoarjo mengikuti tempat ayahnya ditugaskan. Ganjar kemudian melanjutkan studi di SMP hingga masuk SMA Bopkri 1 Yogyakarta. 

Kemudian, saat Ganjar akan lulus SMA tahun 1980, ayahnya pensiun dari kedinasan di Polri. Untuk menyambung hidup dan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, ibunya membuka warung kelontong. 

Baca juga : Cepat Dan Unggul, Ganjar Janjikan Pelayanan Dan SDM Berkualitas Jika Jadi Presiden

Saat anak-anak seusianya menghabiskan waktu bergaul dengan remaja sebaya, Ganjar justru membantu ibunya berjualan. Dia tak sungkan menjual bensin eceran di pinggir jalan, depan warung kelontong keluarganya. 

Hal itu dilakoni Ganjar hingga tamat SMA dan lolos masuk Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM). Aktif dalam kegiatan organisasi, Ganjar memilih bergabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). 

Namun, kuliahnya di Fakultas Hukum UGM tak berjalan mulus. Kondisi ekonomi keluarga memaksa Ganjar mengambil cuti selama 2 semester. Selama cuti 1 tahun, Ganjar menghabiskan waktu aktif di organisasi dan mencari uang dengan mengajar. 

Baca juga : Gibran Dinilai Sosok Pemimpin Muda Yang Percaya Diri Dan Berpikir Kreatif

"Selama cuti, Ganjar tidak pernah pulang, dia aktif di kampus tapi nggak kuliah. Naik gunung, ngajar Mapala anak SMA, itu biar dapat duit," kata Pambudi Teguh, kakak kandung Ganjar Pranowo, dikutip Senin (18/12/2023). 

Dari uang hasil mengajar, Ganjar akhirnya dapat membiayai kuliah hingga tamat dari Fakultas Hukum UGM pada tahun 1995. 

Ganjar tercatat menjadi mahasiswa Fakultas Hukum UGM sejak tahun 1987-1995, hampir 8 tahun, karena aktif berorganisasi dan terpaksa cuti karena terbentur biaya.

Baca juga : Capres 03 Ganjar Pranowo Serba Sat Set, Dari Atas Sampai Bawah

Dari kisahnya itu, terlihat Ganjar melalui berbagai tantangan hidup, namun tak pernah menyerah. Hal itu pula yang menempanya melewati berbagai proses hingga kini maju menjadi salah satu capres di Pemilu 2024.

"Saya masih ndak percaya, Mas Ganjar yang dulu jualan bensin di pinggir jalan, kini jadi orang hebat. Semoga bisa jadi presiden. Saya yakin, beliau pemimpin amanah dan akan tetap rendah hati," kata Mamik (62), tetangga yang berjarak dua rumah dari warung kelontong keluarga Ganjar di Kutoarjo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.