Dark/Light Mode

Geger! Ganjar Tantang Prabowo Tunjukkan Makam 13 Aktivis 98 Yang Hilang

Selasa, 12 Desember 2023 23:09 WIB
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di acara Debat Capres yang digelar KPU, Selasa (12/12). (Foto: YouTube/KPU RI)
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di acara Debat Capres yang digelar KPU, Selasa (12/12). (Foto: YouTube/KPU RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo memastikan penyelesaian kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu beres, jika dirinya terpilih sebagai presiden. 

Janji itu disampaikan Ganjar saat head to head dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam debat capres di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta, Selasa (12/12).

Ganjar bikin geger, karena blak-blakan mengajukan 2 pertanyaan tajam. Pertama, apakah Prabowo akan membentuk pengadilan HAM jika terpilih sebagai presiden? dan kedua, apakah Prabowo akan menemukan dan menunjukkan makam para aktivis yang hilang pada masa Orde Baru agar keluarga bisa berziarah?

Baca juga : Emosi Debat Capres! Ganjar Jadi Tak Enak Lihat Anies Vs Prabowo Buka Buku Lama

Ganjar mengingatkan bahwa DPR telah mengeluarkan empat rekomendasi pada tahun 2009. Di antaranya membentuk pengadilan HAM ad hoc, menemukan 13 korban penghilangan paksa, kompensasi dan pemulihan, serta ratifikasi konvensi anti-penghilangan paksa sebagai upaya pencegahan.

"Kalau saya jadi presiden, Pak, saya akan bereskan ini. Agar kemudian dalam kontestasi pilpres berikutnya, ini tidak akan muncul lagi," tantang Ganjar.

Menjawab Ganjar, Prabowo mengklaim dirinya sebagai sosok yang tegas dalam membela HAM. Ia justru menunjuk cawapres Ganjar yakni Mahfud MD, yang saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam sebagai orang yang bertanggung jawab membereskan masalah tersebut.

Baca juga : Gibran Jadi Kekuatan, Praka Jawa Timur Dikukuhkan Di Pacitan

"Bapak tahu data enggak, Bapak tanya ke Kapolda tahun ini berapa orang hilang di DKI. Tahun ini, ada mayat yang ditemukan beberapa hari lalu dan sebagainya. Come on Mas Ganjar," respons Prabowo.

Menurut Prabowo, isu HAM memang kerap dimunculkan setiap survei popularitasnya merangkak naik. 

"Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol yang katanya saya culik, sekarang ada di pihak saya, membela saya, saudara-saudara sekalian. Jadi masalah HAM jangan dipolitisasi Mas Ganjar ya," sindirnya.

Baca juga : Prabowo Nikmati Pemilu Dengan Riang Gembira

Ganjar balik menyindir jawaban Prabowo. Menurutnya, Prabowo yang selama ini dinilai tegas tidak tercermin dalam dua jawaban tersebut.

"Prabowo memiliki ketegasan yang luar biasa, luar biasa. Namun sayangnya, pada dua jawaban ini sama sekali tidak menunjukkan ketegasan itu," sentil Ganjar lagi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.