Dark/Light Mode

Debat Cawapres

Osco: Gibran Paling Kongkret, Mahfud-Cak Imin Terlalu Normatif

Sabtu, 23 Desember 2023 19:50 WIB
Ketua Umum Pro Rakabuming Raka Praka Osco Olfriady Letunggamu. Foto: Istimewa
Ketua Umum Pro Rakabuming Raka Praka Osco Olfriady Letunggamu. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Praka (Pro Rakabuming Raka) Osco Olfriady Letunggamu memuji penampilan Cawapres Gibran Rakabuming Raka di debat Pilpres 2024 yang berlangsung di Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam.

Osco mengamini, performa Gibran di luar prediksi kebanyakan orang. “Penampilan Wali Kota Solo itu membius jutaan pasang mata yang menyaksikan debat cawapres,” ujar Osco dalam keterangannya kepada RM.id, Sabtu (23/12/2023).

Osco mengaku takjub menyaksikan penampilan Gibran. Kala itu, politisi Partai Demokrat itu menyaksikan di nonton bareng alias nobar debat yang digelar pengurus Praka Sulawesi Utara (Sulut), di Grand Kawanua City Walk, Manado.

Tanpa ragu, Osco menyebut mereka yang hadir di nobar debat meyakini panggung debat kala itu adalah milik Gibran. Terlebih, mereka yang menyaksikan acara debat adalah anak-anak muda.

Baca juga : Pasca Debat Cawapres, TPN Optimis Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik

“Mas Gibran tampil memukau, sangat tertata sekali dari sisi kalimat, ini mengejutkan. Padahal kita tahu Mas Gibran dikenal pendiam tapi kita lihat tadi sangat aktif bicara dengan data yang sulit dibantah," sambungnya.

Dari sisi ide dan gagasan, narasi yang disampaikan Gibran menurutnya paling 'kongkret' di antara dua cawapres lain yakni Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Baginya, Mahfud dan Cak Imin bicara terlampau normatif dan sering tidak substansif dengan pertanyaan dan tema debat. Pihaknya meyakini, mayoritas rakyat Indonesia terpesona dengan gaya komunikasi dan kemampuan Gibran.

Terobosan dan visi-misi yang disampaikan diakuinya akan meneguhkan pilihan publik untuk melabuhkan pilihan kepada Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga : Debat Cawapres, Gibran Berhasil Yakinkan Pemilih Yang Sempat Ragu

"Ini adalah bukti nyata anak muda punya posisi tawar yang kuat dalam dunia politik jika diberikan ruang. Mas Gibran dengan latar belakang pengusaha, masuk dunia politik sangat khatam terhadap persoalan kekinian, khususnya yang menjadi keresahan anak muda. Ia cekatan sekali menjawab dan menerangkan pikirannya," bebernya.

Osco merincikan sejumlah gagasan besar paslon nomor urut 2 yang disampaikan Gibran dalam debat . Misalnya, insfrastruktur cyber security, penguatan manusia digital, pembentukan Badan Penerimaan Negara (BPN), meneruskan dan menyempurnakam program hilirisasi yang telah dirintis Presiden Joko Widodo, hingga program makan siang gratis untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dia pun memberi catatan merah terhadap performa Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD.

Menurutnya, kedua orang tersebut tak bicara persoalan elementer bangsa, hanya memberikan justifikasi berdasar pada data yang 'kurang akurat'.

Baca juga : Debat Cawapres, Gibran Heran Cak Imin Ikut Resmikan IKN Tapi Sekarang Tolak IKN

"Mas Gibran dengan pengalaman dan deretan prestasi memimpin Solo, punya visi besar yang kuat untuk bangsa. Lainnya, hanya bermain retorika. Mereka kita pikir ahli-ahli, bahkan ada yang masih berstatus menteri, mereka tidak mengeluarkan data yang akurat. Kami sebagai anak muda merasa kecewa," ungkapnya.

Lebih jauh, Praka meyakini kemenangan Prabowo-Gibran di pilpres 2024 kian dekat. Pihaknya optimis, duet tua-muda ini akan memenangkan Pilpres 2024 satu putran.

"Mas Gibran paten. Kami menyambut dengan gembira, dan siap berkontribusi memperlebar ceruk suara guna memastikan kemenangan satu putaran," kata Osco, tegas.

Hadir dalam kesenpatan tersebut Ketua Praka Sulut Hillary Brigitta Lasut bersama ratusan anak muda dan simpatisan Prabowo-Gibran.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.