Dark/Light Mode

Benarkan Ucapan Mahfud, Pakar Ini Sebut Korupsi Musuh Investasi

Rabu, 27 Desember 2023 11:31 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Pusat Studi Anti Korupsi (SAKSI) Fakultas Hukum (FH) Universitas Mulawarman (Unmul) Herdiansyah Hamzah sepakat dengan Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD yang menyebut korupsi menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

"Betul kata Mahfud, korupsi memang faktor penghambat utama investasi masuk ke Indonesia," kata pria yang akrab disapa Castro tersebut, Rabu (27/12/2023).

Castro pun mengutip data World Economic Forum (WEF) yang menunjukkan korupsi sebagai musuh utama investasi.

Baca juga : Semarakkan Natal dan Tahun Baru, Ini Channel Transaksi Digital BNI

"Menurut World Economic Forum (WEF) dalam Global Competitiveness Report tahun 2018, dari 16 variabel penghambat investasi, korupsi menempati urutan pertama. Di bawahnya ada regulasi, inefisiensi birokrasi, pajak, pembiayaan, dan lain-lain," tambahnya.

Menurutnya, Mahfud merupakan sosok dengan rekam jejak yang baik dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Kalau soal komitmen Mahfud, bisa dilacak jejak digitalnya. Setidaknya selama menjabat Menkopolhukam, dia beberapa kali mendorong penyelesaian kasus-kasus dugaan korupsi yang kontroversial. Mulai dari dugaan Rp 349 triliun transaksi pajak gelap di Kemenkeu, Rafael Alun, hingga Lukas Enembe," pungkasnya.

Baca juga : Tingkatkan Kesehatan Warga, Mahfud Pamer Program Satu Desa Satu Faskes

Sebelumnya, Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD menilai Indonesia sulit mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen dalam beberapa tahun terakhir karena banyaknya korupsi.

Ia menyoroti korupsi yang terjadi di lembaga eksekutif, legislatif, hingga yudikatif.

"Ada yang bertanya, mungkin tidak pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen dalam satu tahun karena dalam sejarah reformasi tidak pernah. Hanya pada masa Orde Baru lalu itu bisa tercapai," ujar Mahfud MD saat menyampaikan visi misi di Debat Cawapres di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.