Dark/Light Mode

Milad Universitas UMJ ke-68 Hadirkan Pemain Dan Sutradara Buya Hamka

Kamis, 28 Desember 2023 11:56 WIB
Milad UMJ ke-68 ini diperingati dengan berbagai kegiatan mulai dari bazar, Meet and Greet bersama pemeran dan sutradara film Buya Hamka. (Foto: Istimewa)
Milad UMJ ke-68 ini diperingati dengan berbagai kegiatan mulai dari bazar, Meet and Greet bersama pemeran dan sutradara film Buya Hamka. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pelaksana Milad UMJ ke-68 Azmi Al Bahij secara resmi membuka rangkaian kegiatan secara simbolis dengan menggunting pita di arena bazar.

Milad UMJ ke-68 ini diperingati dengan berbagai kegiatan mulai dari bazar, Meet and Greet bersama pemeran dan sutradara film Buya Hamka, Nonton Bareng Film Jomblo Fii Sabilillah, pertandingan olah raga dan perlombaan band akustik.

Tampak pemeran utama film Buya Hamka yaitu Vino G Bastian dan sutradara Fajar Bustomi hadir untuk menyapa sivitas akademika UMJ.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Falcon Picture ini juga menghadirkan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, dan Rektor UMJ Ma’mun Murod, dalam sesi diskusi film.

Dalam kesempatan itu, Vino G Bastian yang memerankan tokoh Buya Hamka menceritakan pengalamannya mengenal sosok Buya Hamka.

"Saya mengenal Buya Hamka dari ayah saya yang memang memiliki banyak buku karya Buya Hamka," ungkap Vino dalam keterangannya, Kamis (28/12/2023).

Lebih lanjut, Vino mengatakan mendapat banyak hikmah dan pesan mendalam dari karakrter Buya Hamka.

Baca juga : STY Andalkan 7 Pemain Naturalisasi Dan 4 Pemain Abroad

Menurutnya film ini patut menjadi tontonan bagi semua kalangan usia. Pernyataan tersebut didukung oleh sutradara film yaitu Fajar Bustomi yang menilai bahwa masyarakat harus mendukung film-film sejarah.

“Banyak produser biasanya cari yang kekinian, ketika ada produser yang mau membuat film ini saya sangat ingin memberikan support yang sesungguh-sungguhnya,” kata Fajar.

Lebih lanjut, Fajar mengaku merasakan banyak dampak positif dari proses pembuatan film mulai dari riset, membaca buku hingga mengenal Muhammadiyah lebih dalam.

“Banyak tokoh di Indonesia yang bagus yang menunggu untuk di filmkan,” ujar Fajar.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Mu'ti, menceritakan sosok Buya Hamka di matanya.

Mu’ti menyebut Hamka sebagai ulama multidimensi yaitu sebagai ulama, sastrawan, negarawan, intelektual, serta ayah dan suami bagi keluarganya.

Menurutnya Hamka memiliki sifat dan karakter yang dapat diteladani baik dari kedalaman ilmu maupun keteguhan akhlak.

Baca juga : Maudy Effrosina, Janjikan Akting Yang Mencekam

"Saya kira penting untuk zaman sekarang, karena ulama tidak hanya sekedar mereka yang mendalami agama tetapi manusia yang utuh dengan kepribadian sebagai ulama sangat ideal, dimana beliau memang mengamalkan apa yang dikatakan,” tutur Mu’ti.

Ia menegaskan bahwa film Buya Hamka tidak sekadar tontonan tetapi juga tuntunan.

“Ini bagian dari pendidikan karakter dan juga bagian dari perjuangan bagaimana film bisa dimulai dari peradaban dan meneguhkan,” Tambah Mu’ti.

Sementara itu, Rektor UMJ, Ma'mun Murod, menilai film Buya Hamka dari perspektif politik.

Ma'mun melihat Buya Hamka sebagai salah satu contoh wajah Muhammadiyah ketika melihat Soekarno.

Ma'mun juga mengaitkan film Buya Hamka dengan sejarah kemerdekaan Indonesia dan mengungkap sisi lain hubungan persahabatan antara Buya Hamka dengan Soekarno.

Selain Vino G Bastian, pada rangkaian lainnya hadir pula pemeran utama film Jomblo Fii Sabililah Nabilah Ayu (ex JKT48) dan sutradara Jastis Arimba.

Baca juga : Unas Kembali Hadirkan Pembicara Sospol Dunia dalam ICOSOP Ketiga

Keduanya hadir dalam sesi coaching clinic dan nonton bareng di Gedung Cendekia UMJ, Jumat (22/12/2023).

Puncak Milad UMJ ke-68 menjadi penghujung rangkaian yang telah dilaksanakan sejak 18 Desember 2023.

Pada perhelatan Puncak Milad UMJ ke-68, berbagai penampilan dari mahasiswa UMJ turut memeriahkan.

Pada kesempatan itu pula, ratusan doorprize dan pembagian trofi serta hadiah pemenang lomba dalam rangka Milad UMJ ke-68 dibagikan.

Perlombaan tersebut adalah band akustik, Piala Rektor Sepak Bola, Badminton, dan Bola Voli. Selain itu hadir pula para pemenang Piala Rektor 3 dan Ikalum UMJ kategori SMA/se-derajat yaitu SMA PGRI 109 Tangerang.

Rektor UMJ, Ma'mun Murod, dalam sambutannya mengungkapan rasa syukur dan harapannya dengan usia UMJ yang ke- 68 tahun.

"Tentu usia yang tidak muda bagi UMJ dan harapannya UMJ bisa maju lebih jauh lagi," pungkas Ma'mun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.