Dark/Light Mode

Tawarkan Program Kesejahteraan

Mahfud Mau Putihkan Kredit Macet Nelayan Dan Petani

Jumat, 29 Desember 2023 21:34 WIB
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menggelar musyawarah kebangsaan bersama nelayan dan petani di Muncar, Banyuwangi, Jumat (29/12/2023). Foto: Istimewa
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menggelar musyawarah kebangsaan bersama nelayan dan petani di Muncar, Banyuwangi, Jumat (29/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Di hari dan agenda terakhir lawatannya ke Jawa Timur, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menggelar musyawarah kebangsaan bersama nelayan dan petani di Muncar, Banyuwangi, Jumat (29/12/2023).

Mahfud disambut ribuan petani dan nelayan dengan shalawatan. Sejumlah relawan juga hadir memenuhi lapangan tempat digelarnya acara. Mahfud juga disambut tarian gandrung Banyuwangi.

Hadir selain Mahfud, Deputi Kinetik Teritorial TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Luki Hermawan, Ketua TPD Ganjar-Mahfud Jatim Jenderal Agus Setiadi TPD, Politisi PDI Perjuangan Guntur Romli, dan sejumlah partai pendukung lainnya.

"Saudara saya membawa jenderal nonaktif. Boleh ikut kampanye. Kalau ada paslon lain di saat kamoanye melibatkan TNI Polri aktif itu melanggar aturan. Harus dilaporkan," ujar Mahfud mengawali orasinya.

Mahfud pun mengajak masyarakat Banyuwangi memilih calon wakil rakyat dan pemimpin yang benar dan bertanggung jawab pada Pemilu 2024.

Baca juga : Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ganjar-Mahfud Bisa Putus Rantai Kemiskinan

Untuk mengetahui, siapa calon yang benar, harus menimbang track recordnya dan catatan perjalanan hidupnya. Sebab, jika cuma visi misi, bisa saja calon tidak mengerti.

"Bagaimana ketika menjabat. Sikapnya tindakannya. Baca riwayat hidup. Jangan terpengaruh omongan yang direkayasa lewat berbagai narasi," pesannya.

Mahfud trenyuh dan bangga melihat antusiasme masyarakat menyambutnya. Dikatakan, banyak pihak gotong royong membiayai kampanye Ganjar-Mahfud.

"Kami tidak punya banyak modal untuk bikin baliho. Tapi tadi saya lihat, pada bikin kaos, kalender, korek sendiri. Semua berpartisipasi gotong royong," puji Mahfud.

Berkait dengan nasib nelayan dan petani, Ganjar-Mahfud berjanji akan memprioritaskan program bagi kelompok ini. Ganjar-Mahfud siap memutihkan utang kredit macet nelayan dan petani di Indonesia. Agar nelayan dan petani lebih produktif dan sejahtera.

Baca juga : Nelayan Honolulu Apresiasi Program Kesejahteraan Ala Ganjar-Mahfud

Total kredit macet nelayan Rp 186 miliar, dan Rp 600 miliar kredit macet petani. Selain itu, akan diadakan pelatihan, pendampingan, hingga merapikan subsidi solar dan pupuk.

"Nelayan susah dapat solar. Sebelum sampai nelayan, dibeli tengkulak. Ini target utama dan perhatian khusus Ganjar-Mahfud. Kalau ingin nelayan dan petani sejahtera, negara harus hadir. Selain itu, penting satu data Indonesia yang tepat dan presisi. Supaya program tepat sasaran," paparnya.

Selain memutihkan kredit, Ganjar-Mahfud juga akan membabat korupsi serta membenahi penegakan hukum yang tak pandang bulu. Aparat tidak boleh lagi menjadi beking mafia baik tambang, laut, hutan, di Indonesia.

"Pembersihan aparat, birokrasi dan penegak hukum tidak boleh main-main dengan hak rakyat," tegasnya.

Mahfud kembali mengingatkan, 14 Februari masyarakat Banyuwangi diundang untuk menggunakan hak pilihnya. Dia mengajak untuk memilih sesuai dengan hati nurani.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Mataram: Pilih Pemimpin Bukan Janji Manis, Tapi Solusi Nyata

"Jangan karena segan, takut kepada atasan, diteror. Di bilik suara, itu rahasia. Tidak ada yang tahu. Ingat, orang yang memilih karena suap, bukan karena hati nurani itu, sama dengan binatang ternak," pesan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Dalam kesempatan ini, ribuan perwakilan nelayan dan petani, serta relawan pendukung mengucapkan ikrar mendukung Ganjar-Mahfud memenangi kontestasi Pilpres 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.