Dark/Light Mode

Wujudkan Program 1 Keluarga 1 Sarjana, Ganjar-Mahfud Diminta Libatkan Pemda

Senin, 25 Desember 2023 17:50 WIB
Pengamat pendidikan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jejen Musfah. Foto: Istimewa
Pengamat pendidikan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jejen Musfah. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat pendidikan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jejen Musfah berharap, pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD serius mengimplementasikan program satu keluarga satu sarjana.

Kata Jejen, keseriusan Ganjar-Mahfud bisa dilihat dari upaya keduanya mengajak Pemerintah Daerah mengimplementasikan satu di antara 21 program yang dicanangkan pasangan calon nomor urut tiga itu.

"Kebijakan ini harus sinergi dengan Pemda, khususnya soal dana beasiswa yang bersumber dari APBN," kata Jejen dalam keterangannya, Minggu (24/12/2023).

Baca juga : Ribuan Pesilat Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Pasalnya, diungkapkan Jejen, setiap Pemda memiliki anggaran yang berbeda untuk memberikan layanan pendidikan terbaik terhadap warganya.

"Karena setiap Pemda beda-beda kemampuan APBD-nya," ungkap Jejen.

Lebih lanjut, Jejen meminta Ganjar-Mahfud memperluas sasaran program Satu Keluarga Satu Sarjana.

Baca juga : BAGAMA Jabar Siap Menangkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

"Sasaran program ini harus menyasar anak tidak mampu ekonomi, bukan yang bagus akademik saja. Ini jadi kepastian komitmen mereka terhadap programnya," pesan Jejen.

Sebelumnya, Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyiapkan program mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Program tersebut sebagi salah satu upaya mengurangi pengangguran lewat satu sarjana di satu keluarga.

"Untuk menurunkan kemiskinan adalah setiap satu keluarga miskin kita kasih kesempatan satu anaknya sampai ke perguruan tinggi,” kata Ganjar pada Debat Pilpres 2024 di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023) lalu.

Baca juga : Ribuan Milenial Gen Z Di Banten Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud Di Pilpres 2024

Menurut Ganjar, pendidikan merupakan cara terbaik untuk memperbaiki hidup keluarga yang kurang mampu.

"Kita melihat, bagaimana kita mengangkat derajat orang miskin melalui pendidikan satu keluarga miskin satu sarjana. Insya Allah ini akan mendorong mereka lepas dari itu," tambahnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.