Dark/Light Mode

Program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana Ganjar-Mahfud Bisa Putus Rantai Kemiskinan

Kamis, 28 Desember 2023 20:30 WIB
Pakar ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjudin Nur Effendi. Foto: Istimewa
Pakar ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjudin Nur Effendi. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pakar ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjudin Nur Effendi menilai program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana yang diusung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mampu memutus rantai kemiskinan.

"Kita bisa memutus mata rantai kemiskinan dengan pendidikan. Seandainya dalam satu keluarga pendidikan berubah, kehidupan mereka akan berubah. Ada kesempatan bekerja dan mendapat penghasilan, memutus mata rantai kemiskinan," kata Tadjudin, Kamis (28/12/2023).

Sejak tahun 90-an, kata Tadjudin, Pemerintah berupaya menyelaraskan antara pendidikan dengan kebutuhan pasar kerja.

"Belakangan ini muncul keinginan untuk memberikan pendidikan vokasi, yang menekankan, situasi pasar kerja, keahlian harus diberikan pada pendidikan," ungkapnya.

Baca juga : Ketua TPD Ganjar-Mahfud DKI Jakarta Ziarah Ke Makam Habib Ali Kwitang

Namun, tetap ada gap antara perkembangan teknologi dan dunia pendidikan.

"Semacam ada jarak antara dunia pendidikan dan teknologi, yang berkeliaran langsung dengan lapangan pekerjaan," imbuh Tadjudin.

Lebih lanjut, menurutnya, upaya Pemerintah dalam mendatangkan investor demi membuka lapangan pekerjaan patut diapresiasi. Termasuk mengeluarkan Undang-Undang Cipta Kerja.

"Namun sampai sekarang belum berjalan seperti yang diharapkan," sebut Tadjudin.

Baca juga : Siti Atikoh Kenalkan Program Pengentasan Kemiskinan Ganjar-Mahfud Ke Ibu-Ibu Di Magelang

Belum lagi, banyak industri dalam negeri yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan produk global.

"Tentu ada peluang dilakukan PHK (pemutusan hubungan kerja), ini yang harus dibahas dalam debat Capres-Cawapres berikutnya," imbau dia.

Diketahui, pasangan Capres-Cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana. Ganjar meminta seluruh Pemerintah Daerah harus menjalankan program tersebut yang dikomandoi oleh Pemerintah Pusat.

Ganjar bilang, pendataan akan dilakukan dengan rinci. Penyusunan sistem canggih dan pelaksanaan dengan benar dan transparan.

Baca juga : Relawan Ganjar-Mahfud Hadirkan Bazar Beras Murah Di Lombok Tengah

"Negara bisa hadir membantu keluarga itu agar ada anaknya satu sarjana dalam keluarga miskin untuk mengubah nasibnya," tutur Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.