Dark/Light Mode

Ucap Hari Ibu Saat Debat

Ini Program Ganjar-Mahfud Untuk Perempuan Indonesia

Sabtu, 23 Desember 2023 16:45 WIB
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mencuri perhatian saat mengawali debat yang digelar KPU di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (23/12/2023) malam. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mencuri perhatian saat mengawali debat yang digelar KPU di Jakarta Convention Center JCC, Jakarta, Jumat (23/12/2023) malam. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD mencuri perhatian saat mengawali debat yang digelar KPU di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (23/12/2023) malam.

Mahfud sempat mengucapkan selamat hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember.

"Mari kita bersujud semuanya, saudara-saudara di seluruh Indonesia kepada ibu kita, dalam rangka mengucapkan selamat hari ibu 22 Desember 2023 ini. Sesudah ini kita lanjutkan pengabdian kita kepada Ibu Pertiwi," kata Mahfud.

Sekadar informasi, perhatian terhadap ibu dan perempuan bukan hanya ucapan di bibir.

Baca juga : Carbon Capture Storage Jadi Pendorong Perekonomian Indonesia

Ganjar Pranowo-Mahfud MD secara serius memasukkan program perlindungan dan pemberdayaan perempuan sebagai prioritas.

Sebagai contoh, Ganjar-Mahfud bahkan sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 miliar per tahun dari APBN untuk insentif satgas anti kekerasan terhadap perempuan. Jika ditotal, Rp 500 miliar akan dialokasikan selama 5 tahun.

Ganjar-Mahfud juga memastikan biaya penanganan kesehatan seperti biaya screening kanker serviks per tahun. Biaya pelatihan dan pengembangan yang khusus menyasar para ibu dan perempuan juga bakal disiapkan.

Ganjar-Mahfud menyadari, realita buruk masih belum sepenuhnya terlepas dari ibu dan perempuan Indonesia. Salah satunya tingginya kekerasan pada perempuan.

Baca juga : Penerapan KTP Sakti Ala Ganjar-Mahfud Berpeluang Terealisasi

Kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yang muncul, diyakini hanya merupakan fenomena gunung es.

Artinya, dalam realita masih sangat banyak kekerasan terhadap perempuan. Perempuan diyakini sebagai tulang punggung perekonomian bangsa.

Ganjar-Mahfud yakin, dengan dukungan perempuan, Indonesia akan mampu mengejar pertumbuhan ekonomi 7 persen.

Sayangnya, hingga saat ini, jumlah perempuan dalam angkatan kerja masih di bawah 40 persen. Perempuan juga terhimpit oleh tekanan ekonomi.

Baca juga : Dukungan Putri Wapres Kerek Elektoral Ganjar-Mahfud Di Banten

Ganjar-Mahfud paham betul bahwa biaya hidup dan kesehatan perempuan jauh lebih mahal. Terutama saat kehamilan, menyusui, dan punya anak bagi mereka yang berstatus ibu tunggal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.