Dark/Light Mode

Gelar Workshop Di Yogyakarta

Srikandi Ganjar Ajak Perempuan Milenial Berkreasi lewat Cupcake Dekoratif

Jumat, 5 Januari 2024 10:21 WIB
Pelatihan Membuat Cupcake yang diselenggarakan kelompok sukarelawan bernama Srikandi Ganjar. (Foto: Ist)
Pelatihan Membuat Cupcake yang diselenggarakan kelompok sukarelawan bernama Srikandi Ganjar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kreativitas kaum perempuan milenial di Yogyakarta semakin berkembang berkat Pelatihan Membuat Cupcake yang diselenggarakan kelompok sukarelawan bernama Srikandi Ganjar.

Para peserta dari kalangan mahasiswa maupun pemuda mendapatkan pengalaman berharga dalam kegiatan yang berlangsung di Kopi Juang, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Kamis (4/1/2024) petang.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya teman-teman (peserta) itu bisa lebih eksplorasi mengenai kuliner khususnya cupcake itu sendiri,” ujar Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Daerah Istimewa Yogyakarta, Herawati.

Dia menjelaskan, cupcake atau kue kukus dalam mangkuk kecil dipilih karena makanan manis tersebut bisa dikembangkan dan didekorasi sesuai dengan kreativitas peserta.

Baca juga : Riuh Warga Wonosari Klaten Sambut Ganjar Pranowo Menginap Di Rumah Warga

Selain rasanya yang enak dan tampilannya yang cantik, cupcake dekoratif juga memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran saat ini tergantung kualitas bahan baku dan tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

Sehingga, para peserta pun bisa membuka usaha setelah mengikuti kegiatan kali ini untuk mendapatkan keuntungan atau sekadar menambah pendapatan di sela-sela aktivitas mereka.

“Kami juga berharap cupcake ini bisa berpotensi bagi mereka nantinya untuk mengembangkan usaha. Kita ingin selalu melakukan kegiatan yang produktif dan tentunya kreativitas mereka bisa dikembangkan,” tutur Hera.

Menurutnya, kaum muda di Yogyakarta memerlukan Presiden dan Wakil Presiden seperti Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan perekonomian warga.

Baca juga : Relawan Ganjar Tambah Nilai Jual Produk UMKM Gresik Lewat Pelatihan Fotografi

“Tentunya, kita membutuhkan pemimpin yang mau mendengarkan aspirasi dari kita (rakyat). Jadi, anak muda ini tidak terbatas dalam berkreativitas dan sebagainya,” tutur Herawati meyakini kriteria itu dimiliki Ganjar-Mahfud.

Sementara itu, para peserta mengapresiasi para sukarelawan Srikandi Ganjar yang telah menggelar kegiatan kali ini seperti diungkapkan salah seorang peserta bernama Fadila Arnisa Harahap.

“Menurut saya, kegiatan membuat cupcake hari ini sangat menyenangkan dan sangat bermanfaat untuk mahasiswa. Tak terlalu susah karena ada pemateri yang sangat bagus dalam menerangkan pembuatan cupcake,” katanya.

Dia menjelaskan, bahan-bahan untuk membuat cupcake mudah didapatkan dan terjangkau seperti terigu, gula, coklat dan sebagainya dengan proses pembuatan sekitar 20-30 menit saja.

Baca juga : Buruan Sahkan Perda Kawasan Tanpa Rokok!

“Kemasannya unik dan bagus. Kecil tapi enak. Banyak kreasinya dan inovatif. Memang sangat bagus kalau misalnya sudah pandai. Ini kita sudah latihan jadi nanti bisa membuat usaha,” ujar Fadila.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.