Dark/Light Mode

Relawan Ganjar Tambah Nilai Jual Produk UMKM Gresik Lewat Pelatihan Fotografi

Senin, 11 Desember 2023 09:53 WIB
Para sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN menggelar Pelatihan Fotografi Produk bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, Menengah UMKM untuk meningkatkan nilai jual produknya. (Foto: Ist)
Para sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Pemuda Mahasiswa Nusantara PMN menggelar Pelatihan Fotografi Produk bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, Menengah UMKM untuk meningkatkan nilai jual produknya. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para sukarelawan Ganjar Pranowo bernama Pemuda Mahasiswa Nusantara (PMN) menggelar Pelatihan Fotografi Produk bagi pelaku Usaha, Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) untuk meningkatkan nilai jual produknya.

Kegiatan yang digelar di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Minggu (10/12/2023) sekaligus untuk mengenalkan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD kepada generasi muda.

“Kegiatan pelatihan fotografi, tujuannya untuk para pemuda yang ikut pelatihan ini agar tahu bagaimana fotografi produk yang baik, yang bagus, untuk meningkatkan (nilai jual) produk tersebut,” ujar Koordinator Daerah PMN Gresik, Ubidas Salam.

Menurutnya, fotografi menjadi salah satu kemampuan yang seharusnya dikuasai setiap pengusaha lantaran tuntutan pasar dan ditunjang kemajuan teknologi informasi saat ini.

Baca juga : Bentuk Pola Pikir Pengembangan Usaha BUM Desa Lewat Pelatihan Angkatan XX

Adapun, materi yang disampaikan kepada para peserta berkaitan dengan cara memotret produk menggunakan teknik tertentu dari tahap persiapan, pemotretan hingga editing di komputer dan gawai.

“Untuk materinya tadi terkait bagaimana cara menaikan (nilai jual) suatu produk yang akan dijual nantinya. Trik-triknya sudah dijelaskan pematerinya. Tadi juga dipraktekan bagaimana cara memotret dengan benar, bagaimana penataan lighting, pengambilan angle yang benar,” tuturnya.

Tak sampai di sana, para sukarelawan PMN berencana untuk menindaklanjuti pelatihan kali ini dengan pelatihan-pelatihan lain yang berkaitan dengan pengembangan UMKM di daerahnya.

Tak heran, kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari generasi muda di wilayah Gresik dan sekitarnya melihat manfaatnya yang besar bagi pelaku UMKM lokal.

Baca juga : Relawan Wanita Nelayan Ganjar Beri Bantuan Ke UMKM Abon Sukabumi

“Untuk (antusiasme) peserta pelatihan sangat tinggi. Karena, kegiatan seperti ini untuk pelaku (usaha) yang mau masuk ke (sektor) UMKM yang masih kecil. Dia perlu pengetahuan, salah satunya, fotografi, semakin minat lagi,” kata Ubidas.

Hal itu diakui salah seorang peserta pelatihan bernama Hakim Rosandi yang mengaku termotivasi mengembangkan kemampuan fotografinya untuk bisnis jasa fotografi produk.

“Sejauh ini lebih (tertarik) ingin motret usaha orang lain saja karena memang kalau (membuka sendiri) usaha track-nya masih panjang. Sehingga, kita lebih melihat produk-produk seperti apa yang harus kita potret,” ujarnya.

Kesempatan itu juga digunakan para sukarelawan PMN untuk menyosialisasikan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud kepada para peserta sehingga mereka dipastikan siap mendukungnya pada Pemilihan Presiden 2024.

Baca juga : Relawan Ganjar Ronggolawe Ajak Warga Tuban Hidup Sehat Dengan Senam Gembira

Hakim menilai pasangan nomor urut tiga, Ganjar-Mahfud adalah figur pemimpin negara yang dibutuhkan karena pendekatannya dengan rakyat melalui cara blusukan.

“Sejauh yang saya ketahui, Pak Ganjar punya elektabilitas tinggi juga merupakan orang yang rileks ketika menyampaikan pendapat, ketika menghadapi masyarakat. Sehingga, lebih dekat dengan masyarakat,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.