Dark/Light Mode

Cerita Mahfud Kerap Dikirimi Ucapan Lebaran Bahasa Arab Dari Sahabat Kristiani

Sabtu, 6 Januari 2024 09:06 WIB
Menko Polhukam sekaligus Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa
Menko Polhukam sekaligus Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memang dikenal memiliki banyak sahabat lintas agama. Agustine Teras Narang jadi salah satu sahabat yang memberikan kesan unik.

"Ini Pak Teras Narang, orang Kristen tapi kalau Hari Raya kirim kartu ucapan dalam Bahasa Arab," kata Mahfud saat berpidato dalam Syukur Awal Tahun Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jumat (5/1/2024).

Ia menerangkan, Teras Narang merupakan sahabatnya ketika sama-sama menjadi Anggota DPR RI. Saat itu, Teras merupakan Ketua Komisi III dan Mahfud MD menjadi salah satu Anggota Komisi III DPR RI.

Baca juga : Berkunjung Ke Jatim, Prabowo Dinobatkan Sebagai Sahabat Santri Indonesia

Mahfud menekankan, perbedaan agama, suku dan ras seharusnya memang tidak pernah menjadi penghalang. Sebab, ada Pancasila dan UUD 45 yang jadi semacam kalimatu syawa seluruh rakyat Indonesia.

Apalagi, ia menegaskan, perbedaan itu merupakan fitrah yang tidak jelas tidak bisa dihindari. Justru, Mahfud menyampaikan, kita yang berbeda ini sangat perlu untuk membangun kesadaran untuk akseptasi.

"Indonesia memiliki keragaman suku untuk saling mengenal satu sama lain, bukan hanya saling mengenal tapi juga toleransi, bukan hanya toleransi, tapi akseptasi. kalau akseptasi mari bersatu, bersama, bekerja mencapai tujuan bersama, cita cita bersama," ujar Cawapres nomor urut 3 ini.

Baca juga : Pemerintah Kudu Terapkan Kebijakan Probisnis Untuk Investasi Ketenagalistrikan

Ia mengingatkan, di atas ritualitas masih ada kalimatu syawa atau hal-hal sama yang diperjuangkan meski tentu ada perbedaan. Sebab, semua pemeluk agama pasti ingin keadilan dan bisa dicapai lewat akseptasi.

"Ini Pak Teras Narang, dulu dia Ketua Komisi III, saya Anggota Komisi III. Maka, mengucapkan salam, menyapa dengan baik, penting," kata Mahfud.

Dalam acara itu, turut hadir sahabat Mahfud yang lain, Pendeta Gomar Gultom. Seperti persahabatannya dengan Teras Narang, Mahfud dan Gomar Gultom sudah bersahabat jauh sebelum jadi Menko Polhukam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.