Dark/Light Mode

Blusukan Jadi Kunci Utama Kenaikan Elektabilitas Ganjar-Mahfud

Sabtu, 6 Januari 2024 13:53 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat blusukan ke pesantren. Foto: Istimewa
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat blusukan ke pesantren. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih elektabilitas tertinggi berdasarkan jajak pendapat dari lembaga survei Indonesia Political Expert (IPE).

Survei IPE menyebutkan pasangan Ganjar-Mahfud meraih elektabilitas sebesar 33,57 persen. Disusul Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 31,25 persen.

Sedangkan di posisi buncit terdapat pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,79 persen.

Baca juga : Pilpres 2024 Tak Mungkin Satu Putaran, Tren Elektabilitas Ganjar-Mahfud Naik

"Sebanyak 8,39 persen responden tidak menjawab dan tidak tahu," kata Direktur Riset dan Survey IPE, Agustanto Suprayoghi, Sabtu (6/1/2024).

Menurut Suprayoghi, hasil survei tersebut mencerminkan preferensi masyarakat pada momen tertentu. Artinya dapat berubah seiring berjalannya waktu.

Terpisah, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menjelaskan sejumlah faktor yang membuat Ganjar-Mahfud unggul atas dua paslon lainnya.

Baca juga : Kepuasan Publik Terhadap Jokowi Turun, Elektabilitas Ganjar-Mahfud Tertinggi

Menurut Adi Pray, satu kunci utama melonjaknya elektabilitas Ganjar-Mahfud adalah intensitas kerja politik keduanya.

"Dalam kampanye yang penuh semangat, pasangan ini terlibat dalam blusukan dan pertemuan langsung dengan rakyat," ucap Adi Pray.

Kerja-kerja politik yang intensif ini, menurut Adi, menjadi fondasi kuat untuk meningkatkan elektabilitas mereka.

Baca juga : Diaspora Indonesia Di Iran Deklarasi Dukungan Untuk Ganjar-Mahfud

"Tentu karena kerja-kerja politik yang semakin intensif yang dilakukan Ganjar-Mahfud, itu kunci utama, kerja seperti blusukan dan bertemu langsung rakyat efektif meningkatkan elektabilitas," pungkas pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.