Dark/Light Mode

Ini Deretan 21 Program Unggulan Ganjar-Mahfud

Minggu, 31 Desember 2023 15:42 WIB
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa
Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD meluncurkan 21 program unggulan untuk mewujudkan visi Indonesia unggul senilai Rp 500 triliun per tahun.

Dirancang untuk menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, beragam program itu disusun berdasarkan kajian mendalam, termasuk skema pendanaannya.

Cawapres Mahfud MD menjelaskan, diproyeksikan dijalankan selama lima tahun, berbagai program unggulan tersebut akan dibiayai dengan anggaran sebesar Rp 2.500 triliun.

Jika dihitung, untuk menjalankan 21 program ini, Ganjar-Mahfud hanya membutuhkan anggaran Rp 500 triliun per tahun, dengan manfaat yang lebih luas menjangkau masyarakat.

"Ganjar-Mahfud menyiapkan 21 program unggulan senilai Rp 2.500 triliun selama lima tahun,” ujar Mahfud, Minggu (31/12/2023).

Baca juga : Ganjaran Buruh Berjuang Targetkan Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran

Jika dikomparasikan dengan program makan siang gratis untuk anak sekolah senilai Rp 450 triliun per tahun yang diusung Capres dan Cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Selain lebih murah, 21 program Ganjar-Mahfud dinilai lebih mampu menjawab berbagai problem masyarakat.

Pada program SMK Gratis untuk Keluarga Miskin yang diluncurkan Ganjar Pranowo di Lapangan Pule, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023) lalu, misalnya, anggarannya hanya sekitar Rp 50 triliun.

Lebih murah, program ini dipersiapkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) generasi muda Indonesia.

"Kita pernah menghitung anggarannya Rp 50 triliunan saja. Tidak terlalu mahal, namun jauh lebih bisa (mengentaskan kemiskinan) sistematis," sebut Ganjar.

Baca juga : Laskar Gus Kampung Bersatu Tuban-Bojonegoro Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

Lewat program ini, nantinya di setiap kabupaten/kota minimal bakal didirikan satu SMK gratis. Sekolah tersebut akan menerima anak-anak yang berasal dari keluarga miskin, sehingga mereka bisa mendapatkan hak kesetaraan dalam pendidikan.

Ganjar-Mahfud juga melansir program 1 Keluarga Miskin 1 Sarjana untuk memutus rantai kemiskinan, menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul, serta menghadirkan pendidikan berkualitas dan merata.

Ganjar optimistis, program ini mampu memberantas kemiskinan di Tanah Air. Dalam pandangan Ganjar, pengentasan kemiskinan secara struktural yang dimulai dari tingkat keluarga, akan membawa dampak pada penurunan angka kemiskinan secara nasional.

Melalui program-program pro rakyat, Ganjar-Mahfud mendorong agar keluarga miskin dapat mengubah nasib, bahkan lepas dari jerat kemiskinan.

Selain itu, anggaran Rp 500 triliun per tahun yang dipersiapkan untuk membiayai 21 program unggulan itu, juga menyasar generasi muda, perempuan, kelompok lanjut usia (lanjut usia), disabilitas, petani, nelayan, rakyat miskin, buruh, tentara, polisi dan lain sebagainya.

Baca juga : Ganjar: Bansos Lebih Efektif Dan Tepat Sasaran

Berikut adalah 21 program unggulan Ganjar-Mahfud:

1. Menciptakan 17 juta lapangan kerja, 2. Satu desa satu fasilitas kesehatan, satu tenaga kesehatan, 3. Uang saku kader Posyandu, 4. Menghadirkan 10 juta hunian, punya rumah semudah punya motor, 5. Sekolah dapat gaji, lulus pasti kerja, 6. Satu keluarga miskin satu sarjana, 7. Perempuan maju, 8. Buruh naik kelas, 9. Kuliah gratis untuk anak prajurit dan Bhayangkara 10. Mudah berusaha, termasuk UMKM dan koperasi. 

Selanjutnya 11. Masjid sejahtera, pengurus masjid terlindungi, 12. Guru ngaji dan guru agama lain digaji, 13. Pasokan pangan aman, harga enak di kantong, 14. Lansia bahagia, anak cucu gembira, 15. Petani bangga bertani, 16. Di laut jaya, nelayan sejahtera, 17. Disabilitas mandiri berprestasi, satu desa, satu mobil, 18. Akses internet super cepat gratis dan merata, 19. Bansos pasti lanjut, tapi harus tepat sasara,  20. Sikat KKN, dan 21. KTP Sakti.

"Segala kebijakan pemerintah harus mengutamakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, termasuk memelihara fakir miskin dan anak terlantar seperti ketentuan pasal 34 ayat 1 undang-undang dasar," tegas Mahfud MD

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.