Dark/Light Mode

Setelah Santap Malam Dengan Prabowo

Jokowi Sarapan Berdua Airlangga

Minggu, 7 Januari 2024 08:13 WIB
Presiden Jokowi mengajak Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto olahraga dan sarapan berdua di Kebun Raya Bogor. (Foto: Instagram Golkar)
Presiden Jokowi mengajak Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto olahraga dan sarapan berdua di Kebun Raya Bogor. (Foto: Instagram Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengajak Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto olahraga dan sarapan bareng di Kebun Raya Bogor, Sabtu (6/1/2024) pagi. Sehari sebelumnya, eks Wali Kota Solo itu santap malam dengan Capres Prabowo Subianto.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo dilakukan di Rumah Makan Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Jumat (5/1/2024) malam. Dalam pertemuan ini, Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sementara Prabowo mengenakan batik dan celana hitam.

Keduanya masuk ke dalam restoran secara bersamaan. Mereka lalu melakukan pertemuan empat mata. 

Prabowo memasang foto pertemuan ini di Instagramnya. Dalam foto tersebut, keduanya tampak santai. Bahkan Jokowi terlihat tersenyum.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana membenarkan, Prabowo menemani Jokowi makan malam. Jokowi sengaja memilih Rumah Makan Seribu Rasa Menteng untuk mencoba masakan nusantara. 

Baca juga : Presiden Jokowi Sarapan Dan Olahraga Bareng Airlangga Di Kebun Raya Bogor

Saat ditanya apa yang dibahas antara bos dan bawahan itu, Ari menyatakan, dirinya tidak mengetahui persis. "Saya tidak tahu apa yang beliau bicarakan sambil makan malam. Katanya, masakan nusantara di rumah makan itu enak," tambah dia. 

Sementara, Gerindra mengatakan pertemuan Jokowi dengan Prabowo lebih dari soal dukungan di Pilpres. Namun juga menunjukan harapan dari Jokowi kepada Prabowo untuk melanjutkan program yang sudah dibangun. 

"Bahwa Presiden Jokowi ingin Pak Prabowo melanjutkan apa yang sudah dibangun oleh beliau selama 10 tahun ini," sebut Sekjen Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan, Sabtu (6/1/2024).

Usai makan malam bareng Prabowo, keesokan paginya, Jokowi mengajak Airlangga olahraga dan sarapan bersama di Kebun Raya Bogor. 

Dilihat dari foto dan video yang diposting akun Instagram @Golkar.Indonesia, terlihat Jokowi mengenakan putih lengan panjang dan celana panjang hitam. Sementara, Airlangga mengenakan kaos kuning dan celana olahraga berwarna gelap.

Baca juga : Makan Malam Bersama Prabowo Subianto, Bukti Kuat Jokowi Dukung Prabowo

Jokowi juga sempat menyopiri Airlangga naik mobil golf. Keduanya duduk berdua di depan menyusuri Kebon Raya Bogor. Setelah itu keduanya lanjut sarapan berdua. 

Kedua terlihat asyik berbincang. Bahkan, beberapa kali Airlangga terlihat tertawa.

Setelah sarapan bersama, Airlangga memperkenalkan jajaran tokoh muda Golkar yang mendapat julukan under forty kepada Jokowi. Mereka adalah generasi muda Partai Golkar yang sudah memiliki kiprah di kancah nasional.

Beberapa di antaranya, ada mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany; Anggota DPR Fraksi Golkar, Alien Mus; Puteri Anetta Komaruddin, Dyah Roro Esti; hingga Rian Ernest. Mereka pun asyik berbincang bersama. 

Lalu apa yang dibicarakan Jokowi dan Airlangga? Airlangga mengatakan, banyak yang dibicarakan dalam pertemuan itu.

Baca juga : Relawan Penerus Negeri Yakin Prabowo-Gibran Satu Putaran

Menurut Airlangga, salah satu yang dibahas adalah mengenai target ekonomi 2024.  "Minggu pertama tahun 2024 jadi banyak hal yang kita bahas terkait target pertumbuhan ekonomi," ujar Airlangga di acara Konsolidasi Partai Golkar Menuju Pemilu Damai 2024 di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (6/1/2024).

Ketika ditanya wartawan apakah dalam pertemuan itu juga membahas Pilpres 2024, Airlangga pun mengiyakan. Namun, dia enggan membeberkan detail apa isi pembicaraan dengan Jokowi mengenai Pilpres tersebut.

"Kalau pilpres, kalau pembicaraan ya ada. Tapi apa yang dibacarakan, rahasia," ucap Airlangga. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.