Dark/Light Mode

Gelar Rapat Besar HUT RI Pertama Di IKN, Paskibraka Minta Dibentuk Lebih Cepat

Selasa, 9 Januari 2024 17:54 WIB
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama saat memberikan keterangan pers bersama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1). (Foto: Setpres BPMI)
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama saat memberikan keterangan pers bersama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1). (Foto: Setpres BPMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sekretariat Negara mulai bersiap-siap untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia untuk pertama kalinya di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama mengatakan rapat besar pertama terkait persiapan HUT RI di IKN itu sudah digelar dengan sejumlah kementerian, lembaga hingga TNI dan Polri.

"Kami dipimpin Pak Kasetpres tadi," kata Setya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/1) bersama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Dalam rapat tersebut, dibahas sejumlah hal terkait kesiapan penyelenggaraan HUT ke-79 RI. Setya menilai pentingnya persiapan sesegera mungkin dilakukan, mengingat waktu yang tersedia hanya delapan bulan.

Baca juga : Debat Pertama Capres, Gagasan Ganjar Dinilai Lebih Realistis

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, meminta setiap bidang dalam pelaksanaan HUT RI untuk segera melakukan pembahasan persiapan masing-masing bidang sesuai dengan kondisi IKN. 

Ia juga meminta Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk lebih cepat menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dibandingkan tahun sebelumnya, yang biasanya itu baru terbentuk itu sekitar bulan Mei.

"Saya minta lebih cepat lagi," ujar Heru.

Ia meminta pasukan inti sudah mulai dibentuk dari TNI mulai Maret, sehingga latihannya bisa dilakukan sudah sedini mungkin. 

Baca juga : Sabet Peringkat Pertama ESG Dunia, Pertamina Diprediksi Kebanjiran Investor

"Yang pertama mungkin latihannya ada di Jakarta dibuat simulasi mirip seperti di IKN, dan lanjut nanti persiapan-persiapannya di bulan Juni, Juli, dan Agustus,” imbuhnya.

Heru juga menyoroti dukungan sarana prasarana, termasuk akomodasi untuk kebutuhan menginap peserta perayaan HUT RI di IKN. Pembahasan juga mencakup rute dan detail terkait persiapan yang melibatkan masyarakat secara hybrid.

Heru menyebut nantinya akomodasi akan tersebar di sejumlah tempat. Mulai dari Balikpapan hingga di Samarinda.

“Pick up-nya bagaimana lantas nanti menggunakan kendaraan listrik titiknya dimana itu kita bahas dan pendetailan hari ini dan seterusnya masing-masing tadi,” ucapnya.

Baca juga : Firli Belum Bereskan Barang-barang Pribadi Di KPK Pasca Diberhentikan Sementara

Heru menyebut, dalam waktu dekat akan kembali dilaksanakan pertemuan dan juga survei lapangan secara terbatas untuk memastikan kesiapan langsung di IKN. 

“Pimpinan-pimpinan tertentu, kami akan ke sana untuk membahas detail rute, rute pasukan Paskibra, rute pasukan—kesiapan pasukan inti bagaimana, itu di dalam istana,” ujarnya.

Sementara pada pelaksanaannya nanti, Heru menyebut HUT RI perdana di IKN tersebut akan tetap menyesuaikan kondisi di IKN. Heru mengatakan bahwa terdapat kemungkinkan untuk mengundang masyarakat secara hybrid.

“Kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan, kesiapannya, jumlahnya berapa tadi dihitung-hitung kurang lebih 2.000 kiri kanan, dan juga kombinasi hybrid kan, hybrid juga kita bisa undang seperti saat kita merayakan HUT pada tahun 2020 dan 2021—hybrid,” imbuhnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.