Dark/Light Mode

Pj Gubernur Sumsel Minta Potensi Kabupaten OKI Dimaksimalkan

Jumat, 19 Januari 2024 15:31 WIB
Pj Gubernur Sumatera Selatan Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sumatera Selatan Sumsel Agus Fatoni. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni memberikan sejumlah pesan khusus kepada Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Asmar Wijaya yang baru saja dilantik.

Salah satunya adalah mengoptimalkan potensi kekayaan yang ada di Kabupaten OKI itu sendiri.

"Saya harap Pj Bupati yang baru saja dilantik, dapat memaksimalkan masa jabatan untuk mengoptimalkan potensi kekayaan yang ada di Kabupaten OKI," kata Fatoni dalam keterangan resminya, Jumat (18/1/2024).

Baca juga : Pj Gubernur Jabar: Koordinasi Kunci Utama Pemilu 2024 Berlangsung Damai

Seperti diketahui, luasnya wilayah Kabupaten OKI juga terdapat potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terlebih lahan gambut yang ada di wilayah ini rawan kebakaran.

Fatoni mengingatkan agar dilakukan upaya pencegahan terjadinya karhutla sedini mungkin, mengingat Bumi Bende Seguguk ini memiliki lahan gambut yang luas dan rawan terbakar.

"Akhir tahun lalu Kabupaten OKI terdapat titik api terbanyak di Sumsel. Saya mengajak Pj Bupati beserta seluruh jajaran pemerintah daerah, Forkopimda serta masyarakat bisa mengantisipasi kebakaran hutan sejak sekarang," tegasnya.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Di 7 Kabupaten/Kota

Selain itu Fatoni juga mengapresiasi keberhasilan penanganan karhutla, terbukti dengan titik api yang berkurang  dengan  kerja sama yang baik.

"Hal ini menjadi bukti Pemprov, Pemkab, Forkopimda dan masyarakat berhasil melakukan pencegahan karhutla," jelasnya.

Fatoni mengakui keberhasilan penanganan karhutla ditandai dengan dua hal. Pertama, titik apinya berkurang dari tahun-tahun sebelumnya, hal ini menjadi bukti Pemprov, Pemkab, Forkopimda semua serta masyarakat berhasil melakukan pencegahan.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Minta Pj Bupati OKI Bereskan Inflasi Dan Kemiskinan Ekstrem

Kedua, pemadaman api yang sudah terjadi dilakukan secara cepat dan bersama-sama, penyiapan sarana dan prasarana, memberikan bantuan sosial dan juga upaya-upaya lain strategis yang bisa dilakukan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.