Dark/Light Mode

Jokowi Terima Kunjungan Presiden Tanzania di Istana Bogor

Kamis, 25 Januari 2024 14:25 WIB
Presiden Jokowi menyalami Presiden Tanzania Samia Suluhu di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/1/2024). (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi menyalami Presiden Tanzania Samia Suluhu di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/1/2024). (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima kunjungan resmi Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan, di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (25/01/2024). Kunjungan Samia Suluhu disambut upacara penyambutan.  

Presiden Samia Suluhu dan rombongan tiba di Istana Bogor sekitar pukul 10.30 pagi. Kehadirannya disambut pasukan korps musik, pasukan berkuda, dan pasukan Nusantara Paspampres. Kedatangan Samia Suluhu langsung disambut hangat oleh Presiden Jokowi yang telah menunggu di halaman depan Istana.

Baca juga : Jokowi Bilang Presiden Dan Menteri Boleh Memihak

Setelah berjabat tangan, kedua pemimpin kemudian mengikuti prosesi upacara penyambutan resmi. Lagu kebangsaan dari kedua negara dikumandangkan diiringi 21 kali dentuman meriam. Prosesi dilanjutkan dengan inspeksi pasukan dan penampilan defile dari pasukan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut.

Usai upacara penyambutan, Presiden Jokowi dan Presiden Tanzania kemudian saling memperkenalkan delegasi masing-masing. Selanjutnya, kedua pemimpin memasuki Ruang Teratai untuk sesi foto bersama dan pengisian buku tamu. Setelah itu, Presiden Jokowi dan Presiden Samia melakukan veranda talk. 

Baca juga : Dukung Jokowi, ReJO Pro Gibran: UU Bolehkan Presiden Kampanye

Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden Samia menuju ke halaman belakang Istana untuk bersama-sama melakukan penanaman pohon perdamaian. Usai penanaman pohon, kedua pemimpin kemudian kembali menuju ke veranda, sebelum akhirnya memasuki Ruang Oval untuk melaksanakan pertemuan bilateral didampingi oleh para delegasi kedua negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu, antara lain, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.