Dark/Light Mode

Alhamdulillah! Tim SAR Temukan 16 Pendaki Gunung Gede Pangrango Yang Hilang

Senin, 29 Januari 2024 18:37 WIB
16 pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang berhasil ditemukan Tim SAR, Senin (29/1). (Foto: Ist)
16 pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat yang berhasil ditemukan Tim SAR, Senin (29/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) mengonfirmasi penemuan 16 pendaki Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, pada Senin (29/1) sekitar pukul 09.55 WIB. 

Kepala Seksi Operasi Basarnas Jakarta, Agung Priambodo, menyatakan bahwa pendaki tersebut ditemukan di Saung kebun warga Pasir Pogor, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

"Survivor akhirnya berhasil ditemukan pada ketinggian 1238 MDPL dengan kondisi dua orang terkilir kakinya dan 14 orang sisanya dalam keadaan aman," kata Agung dilansir ANTARA, Senin (29/1).

Baca juga : Alhamdulillah! Akun Instagram Mahfud Md Yang Diretas Berhasil Diambil Alih

Penyisiran area pendakian dilakukan oleh Tim SAR gabungan sepanjang jalan setapak dari Kulah Dua Ciawi menggunakan Explore SAR sejak Senin (29/1) pukul 02:30 WIB. 

Hasilnya, seluruh survivor berhasil ditemukan dalam kondisi selamat. Bahkan jumlahnya melebihi dari yang diinformasikan.

Sebelumnya, diinformasikan bahwa diterima ada 13 survivor yang tersesat, namun setelah ditemukan, ternyata ada 16 orang yang berhasil diselamatkan.

Baca juga : Indikator Politik: Andika Kandidat Pendamping Ganjar Yang Paling tegas

Kini 16 survivor tersebut masih dalam penanganan dari Puskesmas Citapen di Kantor Resort Pengelolaan Taman Nasional Wilayah Tapos, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Asal tahu saja, sebelumnya sekitar 16 orang mendaki Kawasan Gunung Gede Pangrango dengan tujuan untuk berziarah pada Sabtu (27/1) sekitar pukul 16:00 WIB melalui jalur bukan pendakian dari Kulah Dua, Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Mereka menginformasikan kepada keluarganya bahwa mereka akan turun pada Minggu (28/1) sore namun karena saat itu cuaca hujan cukup lebat, mereka tersesat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.