Dark/Light Mode

Gelar Pelatihan Coding untuk Pelajar Terbanyak, Optima Tech Academy Pecahkan Rekor MURI

Senin, 29 Januari 2024 20:45 WIB
Pelatihan coding yang digelar Optima Tech Academy. (Foto: IstimewaL
Pelatihan coding yang digelar Optima Tech Academy. (Foto: IstimewaL

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemajuan teknologi ilmu komputer (Computer Science) hadirkan dampak positif dan peluang besar bagi upaya berbagai pihak akademisi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Salah satunya melalui pengenalan dan pengajaran coding pada anak-anak dan remaja.

Optima Tech Academy, institusi pendidikan teknologi informatika dengan 24 tahun pengalaman di Indonesia sejak 1990, menggelar workshop “Hour of Code” pada tanggal 4-15 Desember 2023 lalu di berbagai sekolah ternama.

Baca juga : Penjualan Terbanyak Di Marketplace, Brand Brighty Sukses Pecahkan Rekor MURI

Kegiatan ini diadakan di SD Tarakanita 4, SD Global Islamic School Depok, SMA Tarakanita Citra Raya, SMA Tarakanita 2 dan 5 Jakarta, serta SMA Abdi Siswa Bintaro, dengan jumlah peserta sebanyak 2.742 pelajar hingga memecahkan rekor MURI “Pelatihan Coding kepada Pelajar Terbanyak.”

Hour of Code adalah kegiatan global pengenalan ilmu komputer selama satu jam yang dirancang untuk melatih ilmu coding sekaligus mengenalkan secara lebih dekat dasar-dasarnya pada anak-anak dan remaja melalui perangkat komputer serta gawai seperti tablet dan smartphone.

"Kampanye workshop Hour of Code sendiri dilaksanakan di lebih dari 180 negara, didukung oleh lebih dari 400 mitra pelaksana resmi di seluruh dunia, termasuk Optima Tech Academy," ujar Manajemen Optima Tech Academy dalam keterangannya, Senin (29/1/2024).

Baca juga : Prabowo Beri Alat Produksi untuk UMKM, dari Mesin hingga Bebek Petelur

Dalam workshop ini, para peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran pembuatan animasi, game, proyek AI, dan aplikasi di smartphone.

Workshop ini pun merupakan bagian dari rangkaian acara yang ditutup dengan Optima Coding Competition yang diselenggarakan pada 27-28 Januari di Hotel Shangrila dan Pullman Central Park, bersamaan dengan Pameran Pendidikan Luar Negeri yang bekerja sama dengan Optima Education.

Melalui berbagai program intrakurikuler informatika dan ekstrakurikuler di bidang Coding, Robotic, Digital Arts, Content Creation, serta Digital Marketing yang ada di Optima Tech Academy.

Baca juga : Erick Optimistis 2024 Pecahkan Rekor Lagi

Dari setiap proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa untuk menjawab kebutuhan pengetahuan mereka yang dikemas secara menarik.

Para peserta didik pun bisa menikmati proses pembelajaran ilmu komputer dengan kurikulum dan materi yang terus diperbarui sambil mengembangkan kompetensi mereka, kompetensi komunikasi, kemampuan problem-solving, daya berpikir kreatif, hingga berinovasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.