Dark/Light Mode

Gerakan Nurani Bangsa Dorong Bawaslu Wakili Kepentingan Rakyat

Sabtu, 3 Februari 2024 13:13 WIB
Gerakan Nurani Bangsa (GNB) yang dimotori Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid berkunjung ke Kantor Bawaslu, di Jakarta, Jumat (2/2/2024).
Gerakan Nurani Bangsa (GNB) yang dimotori Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid berkunjung ke Kantor Bawaslu, di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gerakan Nurani Bangsa (GNB) yang dimotori Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid berharap Bawaslu mewakili kepentingan rakyat dalam mengawasi Pemilu. Dengan begitu, Pemilu 2024 bisa berjalan jujur dan adil dan bisa menghasilkan pemimpin yang kompeten dan negarawan.

Hal tersebut disampaikan Ibu Shinta Nuriyah saat berkunjung dan bersilaturahmi dengan Komisioner Bawaslu, di Kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (2/2/2024). Dalam kunjungan tersebut, Ibu Shinta didampingi Prof. Komarudin Hidayat, Prof Frans Magnis Suseno, Alissa Wahid, dan Laode Muhamad Syarif. Rombongan disambut Komisioner Bawaslu antara lain Lolly Suhenti dan Herwyn JH Malonda. 

Baca juga : Perekonomian Indonesia Solid Didorong Inflasi Terkendali Dan PMI Yang Ekspansif

Kunjungan GNB ke Bawaslu merupakan rangkaian kunjungan dan silaturahmi dengan tokoh bangsa, tokoh negara, dan penyelanggara negara. Sebelumnya, GNB bertemu dengan Wapres KH Maruf Amin, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan KPU. 

GNB menyampaikan, pengawasan yang dilakukan Bawaslu tidak akan cukup hanya dengan mendasarkan pada hukum legal-formal tanpa membangun dukungan publik melalui gerakan etika dan moral. Karena itu, GNB berharap Bawaslu terus meningkatkan hubungan dan komunikasi dengan media massa dan pers untuk menyuarakan dan menyampaikan berbagai pelanggaran atau perkembangan pelaksanaan pemilu kepada publik.

Baca juga : Dorong Pemilu Jurdil, Gerakan Nurani Bangsa Temui KPU

"GNB yang diisi tokoh-tokoh bangsa akan menemani Bawaslu dalam menyuarakan fakta dan kebenaran atas penyelenggaraan pemilu," tulis GNB dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Sabtu (3/2/2024). 

Sementara itu, Bawaslu dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dengan kehadiran sejumlah tokoh yang tergabung dalam GNB. Dukungan tersebut menjadi penyemangat Bawaslu untuk memastikan agar pemilu berjalan adil, jujur, dan bermartabat. Bawaslu berusaha memastikan agar proses dan hasil pemilu berjalan sesuai harapan semua. 

Baca juga : Marshanda, Suami Belum Jadi Kebutuhan Utama

Bawaslu menyadari dalam menjalankan tugasnya menghadapi sejumlah kekurangan seperti norma hukum yang tidak bisa mengkover semua persoalan. Beberapa di antaranya seperti dugaan pelanggaran etis, politik yang yang tidak dilakukan pihak yang tidak terdaftar resmi di KPU, atau penyalahgunaan bansos oleh pejabat. Bawaslu berusaha memastikan agar proses dan hasil pemilu berjalan sesuai harapan semua pihak. BCG 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.