Dark/Light Mode

Kampanye Akbar Perdana Partai Buruh, Dari Bekasi Rebut Kemenangan Indonesia

Senin, 22 Januari 2024 14:39 WIB
Partai Buruh menggelar kampanye terbuka perdananya di Lapangan Wahana Cikarang, Sukadami, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (21/1/2024). Foto: Istimewa
Partai Buruh menggelar kampanye terbuka perdananya di Lapangan Wahana Cikarang, Sukadami, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (21/1/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh menggelar kampanye terbuka perdananya di Lapangan Wahana Cikarang, Sukadami, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (21/01/2024). Dipilihnya Bekasi, karena daerah ini dianggap sebagai tanah kelahiran Partai Buruh.

"Kabupaten dan Kota Bekasi, adalah kotanya Partai Buruh. Dari Bekasi, kita rebut kemenangan Indonesia masuk Parliamentary Threshold 4 persen," ujar Presiden Partai Buruh, Said Iqbal saat konfrensi pers kampanye perdana partainya.

Dirincikannya, jumlah buruh di Bekasi itu jumlahnya mencapai satu juta orang, di tambah Karawang dan Puwakarta mendekati 1,8 juta jiwa. Khusus Provinsi Jawa Barat, Partai Buruh memasang target minimal 2,5 juta suara nasional.

Target tinggi itu menurut Said Iqbal bisa dirasionalkan. Menilik hasil survei internal partainya, elektabilitas Partai Buruh tercatat mencapai 4,778 persen. Artinya, lolos ke Senayan dengan ambang batas minimal 4 persen suara nasional.

Survei tersebut, dianggap tepat dibandingkan hasil lembaga survei nasional yang beredar. Dirincikannya, survei internal fokus kepada kaum buruh sebagai responden.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Komitmen Wujudkan Kemandirian Pangan Indonesia

Ada empat kelompok buruh sebagai respondennya. Yaitu, buruh anggota federasi, burung anggota serikat pekerja tingkat perusahaan, buruh yang masih bekerja tetapi dibina oleh Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dalam pendidikan, dan buruh yang pernah bekerja.

Artinya, Partai buruh yakin, dengan memulai kampanye perdana di Bekasi sebagai kotanya Partai Buruh, partai yang mengusung ide Negara Sejahtera ini akan masuk ke Senayan di Pemilu perdananya.

"Partai Buruh juga berkeyakinan, di kota-kota industri, antara lain Kota Kabupaten Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Purwakarta, Kab. Bandung Raya, Batam, dan kota besar lain, kami akan punya satu fraksi," semangatnya.

Secara nasional, Partai Buruh optimis masuk ke Senayan dengan meraih 20 kursi DPR-RI. Bahkan di Jawa Barat, rincinya, target Partai Buruh adalah meraih 9 kursi DPRD Provinsi Jabar.

Di Provinsi ini, Partai Buruh juga menargetkan kemenangan di 4 Pilkada. Yaitu, di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga : Mahfud MD Pastikan Libatkan Masyarakat Kelola Sumber Daya Alam Indonesia

"Kami akan merebut Wali Kota dan Bupati. Ini adalah basis buruh, kalau survei umum, itu menanyakan kepada penduduk. Respondennya sedikit, tidak bisa memotret buruh," semangatnya.

Asumsinya, Pemlu 2024 nanti akan terjadi turbulensi politik. Sebuah kejutan sebuah partai anyar bernama Partai Buruh akan masuk ke Senayan di Pemilu perdananya. Jika partainya lolos, maka sejumlah program strategis akan dijalankan. Utamanya, menghapus Omnibuslaw UU Cipta Kerja.

"Dengan izin Tuhan, maka yang pertama kami lakukan adalah menghapus Omnibuslaw UU Cipta Kerja, yang sangat tidak manusiawi. Outshorcing seumur hidup, tanah dirampas, impor meraja lela, upah murah, buruh perempuan tidak dilindungi," geregetnya.

Selanjutnya, Partai Buruh juga akan memberikan solar, dan perahu gratis untuk nelayan. Kemudian, memberikan sebanyak 200 ribu beasiswa setiap tahunnya untuk anak-anak buruh dan kaum miskin.

UU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) digaransi akan disahkan, guru dan tenaga honorer akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca juga : Awali Kampanye Akbar Di Tangerang, Anies: Semangat Perubahan Tak Bisa Dibohongi

"Dan yang paling penting, 5 jaminan sosial kami janjikan kepada rakyat," tegasnya.

Termasuk, memperjuangkan program jaminan makanan. Baginya, haram hukumnya orang kekaparan di Indonesia yang diasumsikan sebagai negeri yang kaya. Jika Partai Buruh masuk ke Senayan, dipastikan diperjuangkan tunjangan makanan, bukan pemberian makanan matang.

"Masuk ke ATM setiap keluarga miskin 27 juta orang atau 30 juta orang miskin mendekati miskin. Di kali 500 ribu rupiah setiap bulan seumur hidup akan mendapatkan tunjangan makanan. Anggarannya cuma Rp 180 triliun, tidak sampai Rp 300 triliunan. Bukan makanan matang, tapi tunjangan makanan,” tegasnya.

Selanjutnya, tunjangan pendidikan, dan tunjangan perumahan. Dahulu, katanya, baik PNS, TNI-Polri, buruh swasta, dan orang tidak mampu begitu pensiun punya rumah. Sekarang, orang tidak bisa membeli rumah. Tunjangan lainnya adalah ketersediaan air bersih dan tunjangan pengangguran.

"Buruh-buruh menanggur akan diberikan tunjangan unemployment insurance, itulah janji politik Partai Buruh. Demi mewujudkan welfare state. Bekasi adalah tanah kelahiran Partai Buruh, dari Bekasi, akan merebut Indonesia menjadi penyeimbang partai kapitalis, kelas modal, orang kaya. Maka penyeimbangnya Partai Buruh," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.