Dark/Light Mode

Resmi Jadi Menkopolhukam, Jokowi Minta Hadi Dukung Investasi

Rabu, 21 Februari 2024 13:24 WIB
Hadi Tjahjanto saat dilantik sebagai Menkopolhukam di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)
Hadi Tjahjanto saat dilantik sebagai Menkopolhukam di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai sebagai Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD. Prosesi pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Usai pelantikan, Jokowi memberikan sejumlah pesan kepada eks Panglima TNI itu. Jokowi minta Hadi jaga keamanan dan ketertiban serta memberikan dukungan terhadap investasi. 

Prosesi pelantikan diawali dengan membacakan Keputusan Presiden Nomor 34 P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024. Kepres tersebut ditetapkan Jokowi di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

Baca juga : Dikabarkan Jadi Menko Polhukam Dan Menteri ATR, Hadi Dipuji-puji, AHY Sudah Siap

Setelah itu, Jokowi kemudian mengambil sumpah dan janji jabatan menteri dan diikuti Hadi Tjahjanto.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Hadi, menirukan Jokowi. 

Baca juga : Hadi Tjahjanto Dikabarkan Jadi Menko Polhukam, Mahfud MD: Dia Orang Baik

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh Presiden Jokowi dan Hadi diteruskan pemberian ucapan selamat.

Usai acara, Jokowi mengatakan sebagai mantan Panglima TNI, Hadi sudah siap dengan tugas Menkopolhukam. Kepada wartawan, Jokowi juga mengaku sudah memberi tugas kepada Hadi. Selain mengurus soal keamanan dan ketertiban, Jokowi minta Hadi mendukung terhadap investasi yang hendak masuk ke Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.