Dark/Light Mode

Osco Yakin AHY Bakal Kebut Sertifikat Tanah Elektronik

Kamis, 22 Februari 2024 19:34 WIB
Deputi DPP Partai Demokrat Osco Olfriady Letunggamu bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Istimewa
Deputi DPP Partai Demokrat Osco Olfriady Letunggamu bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) baru saja diangkat oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pengangkatan AHY ini dinilai keputusan yang tepat. Semangat ini disampaikan Deputi DPP Partai Demokrat Osco Olfriady Letunggamu. Menurutnya, Ketum AHY dianggap memiliki kemampuan memimpin.

Termasuk, memimpin Kementerian. Diyakiniya, urusan sertifikat tanah elektronik, bakal dikebut.

"Kami tentu bangga sekaligus senang dengan dilantiknya Mas AHY sebagai Menteri ATR/BPN. Ucapan selamat kami sampaikan, semoga mengemban amanah dengan baik," kata Osco, di Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Baca juga : Resmi Jadi Menteri, AHY Buka Puasa Oposisi 9 Tahun

Ketua Umum Pro Rakabuming Raka (Praka) ini mengungkapkan, AHY selama ini dikenal sebagai pimpinan yang mengedepankan gerak cepat kerja. Pemahamannya terhadap teknologi pun cukup mumpuni.

Ia yakin, soal upaya penerbitan sertifikat tanah elektronik bakal menjadi prioritas utama.

"Soal sertifikat tanah elektronik ini jadi prioritas tugas Presiden saat pelantikan. Saya sangat yakin, setelah ini akan dikebut Mas AHY," ujarnya.

Selain soal sertifikat tanah elektronik didorong lebih masif, sambung Osco, hal lain yang menjadi perhatian AHY adalah Hak Guna Usaha (HGU) perdagangan karbon (carbon trading).

Baca juga : Garuk-garuk Kepala, Kena Tilang Elektronik

Asumsinya, peraturan pemerintah itu harus segera diselesaikan karena banyak pihak yang ingin masuk. Berikutnya, berkaitan dengan 120 juta Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), 120 juta bidang (tanah) untuk masuk ke PTSL harus segera diselesaikan.

"Saya mencatat tiga hal itu yang Pak Presiden sampaikan sebagai tugas Mas AHY. Saya yakin beliau (AHY) akan menjalankan semua tugas itu dengan baik," ucapnya.

Wakil Ketua TKN Fanta Prabowo-Gibran ini juga memuji Presiden Jokowi yang membeberkan satu per satu jabatan dan latar akademik anak Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut saat dilantik.

Hal ini menunjukkan kepercayaan sebagai Menteri ATR/BPN itu didasari dengan kemampuannya.

Baca juga : Jokowi Yakin PSI Bakal Lolos Ke Senayan

"Pak Presiden Jokowi menyampaikan Mas AHY ini selain Ketum Partai Demokrat, beliau juga alumni Akmil, juga pendidikan di Nanyang University, di Harvard University, dan di Webster University. Artinya, dari sisi pengalaman atau jam terbang dan latar belakang pendidikan, Mas AHY ini tidak main-main," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.