Dark/Light Mode

Wapres Minta Alkhairaat Teguhkan Nilai Kebangsaan Di Masyarakat

Senin, 26 Februari 2024 21:57 WIB
Wapres KH Maruf Amin saat memberikan sambutan di Mukernas Alkhairaat secara virtual. (Foto: Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin saat memberikan sambutan di Mukernas Alkhairaat secara virtual. (Foto: Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden KH Maruf Amin menyampaikan sejumlah pesan kepada ormas Islam Alkhairaat yang menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) di Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (26/2/2024). Kiai Maruf minta agar Alkhairaat meneguhkan nilai kebangsaan di masyarakat. 

Wapres menyampaikan, Alkhairaat adalah salah satu organisasi masyarakat tertua di Indonesia, telah berdiri sejak tahun 1930 di Palu, Sulawesi Tengah. Dalam kiprahnya hingga kini, Alkhairaat pun memegang peran penting dalam membangun peradaban Islam di Indonesia, khususnya di bidang pendidikan, dakwah, dan sosial. Karena itu, seiring dengan perkembangan zaman peran Alkhairaat pun semakin diperlukan dalam memperkokoh peradaban melalui nilai-nilai Islam dan kebangsaan di masyarakat.

“Saya harapkan Musyawarah Kerja Nasional Perhimpunan Alkhairaat Tahun 2024 ini dapat menghasilkan program kerja yang semakin mendorong capaian dan kinerja organisasi ke depan, utamanya dalam konteks modernisasi, lingkungan, kebudayaan, dan komitmen kebangsaan,” kata Kiai Maruf. 

Untuk mendukung hal tersebut, Wapres pun menekankan lima pesan. Pertama, terus jadikan Perhimpunan Alkhairaat ini sebagai salah satu pusat peradaban Islam di wilayah Timur Indonesia.

Baca juga : Rehabilitasi Hutan Mangrove, Luhut Tekankan Peran Masyarakat Pesisir

Kedua, Wapres meminta untuk menjadikan kultur pesantren dan sistem klasikal madrasah sebagai landasan solid dalam menempa moralitas keagamaan, juga ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan Alkhairaat.

Selanjutnya, Wapres mengimbau untuk meningkatkan kolaborasi dengan organisasi Islam, seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan organisasi lainnya. Khususnya, dalam memastikan integrasi sosial dalam rangka penguatan Indonesia sebagai negara kesepakatan.

“Saya sering mengumpamakan, kita itu harus melahirkan orang-orang Islam atau muslim yang kaffah yang menjalankan agama Islam secara keseluruhan, tetapi juga memegang teguh kesepakatan nasional, jadi muslim kaffah ma’al mitsaq, karena kita punya kesepakatan nasional dan itulah generasi yang harus kita lahirkan,” imbaunya.

Lebih jauh Wapres mengingatkan untuk mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. 

Baca juga : Pentingnya Penguatan Semangat Kebangsaan & Persaudaraan Pasca Pemilu 2024

“Misi pendidikan Alkhairaat dapat diarahkan untuk membangun sumber daya maritim yang lebih kuat, sehingga lahir generasi muda yang cakap dan terampil dalam bidang kelautan. Di saat yang sama, promosikan nilai-nilai ilmu pengetahuan Islam yang seimbang, ramah lingkungan, dan berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya kelautan,” urainya.

Terakhir, Wapres juga meminta jajaran pengurus Alkhairaat agar dapat melibatkan para pemuda dan perempuan dalam berbagai kegiatan dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

“Peran generasi muda juga sangat dibutuhkan untuk mendorong pencapaian isu-isu prioritas nasional, seperti pengembangan ekonomi syariah, pengurangan kemiskinan, serta penanggulangan stunting, utamanya di wilayah Indonesia Timur,” tegasnya.

Menutup sambutannya, Wapres berharap acara Mukernas ini dapat berjalan lancar dan membuahkan program kerja yang semakin mendorong peningkatan kualitas tata kelola pendidikan dan dakwahnya.

Baca juga : Temui Wapres, AHY Lapor Dan Mohon Wejangan Soal Pertanahan

“Dengan mengucapkan, bismillahirrahmanirrahim Musyawarah Kerja Nasional Alkhairaat Tahun 2024, dengan ini saya nyatakan secara resmi dibuka. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-Nya dan meridai segala ikhtiar yang kita lakukan,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.