Dark/Light Mode

Kerja Sama Dengan Anjungan TMII

Pj Gubernur Mau Jadikan Papua Pegunungan Provinsi Festival

Sabtu, 2 Maret 2024 21:51 WIB
Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai saat penandatanganan MOU kerjasama pemanfaatan anjungan Papua TMII Jakarta dalam pengelolaan budaya Papua Pegunungan, Sabtu (2/3/2024). Foto: Istimewa
Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai saat penandatanganan MOU kerjasama pemanfaatan anjungan Papua TMII Jakarta dalam pengelolaan budaya Papua Pegunungan, Sabtu (2/3/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu upaya percepatan pembangunan daerah otonomi baru (DOB), Provinsi Papua Pegunungan, Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai menjalin kerja sama dengan anjungan Papua di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

Dalam acara tersebut, Wanggai menegaskan, anjungan Papua adalah rumah seluruh anak Papua. Dengan perjanjian kerja sama ini, diharapkan akan memberikan manfaat untuk Papua induk dan Papua Pegunungan.

"Ini adalah langkah untuk mengoptimalkan, memulai pondasi, bagaimana kita merawat dan menjaga budaya yang telah ada ribuan tahun di Papua," kata Velix Wanggai saat penandatanganan MOU kerjasama pemanfaatan anjungan Papua TMII Jakarta dalam pengelolaan budaya Papua Pegunungan, Sabtu (2/3/2024).

Baca juga : Raih Penghargaan Baznas, Pj Gubernur Jateng Janji Lebih Serius Tekan Kemiskinan

Ditegaskan, menguatkan pondasi sosial budaya sangat penting. Karena percepatan pembangunan tidak lepas dari sosial budaya dan spiritual.

"Kita minta izin Papua induk untuk kerja sama Anjungan Papua untuk pengelolaan sosial budaya. Ini rumah kita bersama Papua induk merawat semua aset. Ini poin pertama," ujarnya.

Kedua, kerja sama ini akan melengkapi dan menambahkan pembangunan terkait sosial budaya dan peradaban.

Baca juga : Kelola Sampah Plastik, AQUA Jadikan Para Pemulung Industri Ekonomi Sirkular

"Nanti akan kita bahas objek apa saja yang bisa dibangun di Anjungan Papua," ujarnya lagi.

Ketiga, anjungan ini akan menjadi sarana promosi baik budaya, ekonomi kreatif dan sektor lainnya. Selain itu, hasil sumber daya alam seperti kopi buah merah dan bisnis holtikultura lainnya.

"Kita ini provinsi pertanian. Tempat ini juga akan menjadi promosi pariwisata yang baik. Apalagi sudah ditegaskan bahwa Papua Pegunungan adalah provinsi festival," kata Wanggai.

Baca juga : Buka Wisata Baru, Pj Gubernur Bangka Belitung Gandeng TNI

Selanjutnya, ia menegaskan, Provinsi Papua Pegunungan ingin mengembangkan kapasitas pengelola, aparatur, ASN, pegiat seni budaya, agar bisa mengaktualisasikan diri di Jakarta sebagai pusat industri dan bisnis ke depan.

"Ini titik hub kita untuk pengembangan kapasitas. Jaringan sosial bisnis kita perluas, agar bermanfaat bagi Papua Pegunungan. Dengan harapan percepatan pembangunan di Papua Pengunungan tetap berbasis kearifan lokal," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.