Dark/Light Mode

Sekjen LHK Minta Rimbawa Jaga Korsa Bangun Lingkungan dan Hutan

Senin, 4 Maret 2024 22:02 WIB
Sekjen LHK Bambang Hendroyono (tengah) saat menghadiri Forest Camp 2024 di Cikole, Lembang, Bandung Barat, Sabtu (2/3).
Sekjen LHK Bambang Hendroyono (tengah) saat menghadiri Forest Camp 2024 di Cikole, Lembang, Bandung Barat, Sabtu (2/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Hendroyono memberi apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan Forest Camp 2024.

Kegiatan tersebut sebagai langkah konsolidasi Rimbawan dari Himpunan Alumni Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (HA E) IPB University dalam memperkuat korsa rimbawan.

Kegaiatan yang digelar di Cikole, Lembang, Bandung Barat, Sabtu (2/3) ini sekaligus berkontribusi membangun lingkungan hidup dan kehutanan Indonesia.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Regional JBB Gaungkan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Hal ini disampaikan Bambang saat menghadiri Forest Camp 2024 yang mengusung tema “Penguatan Korsa Rimbawan dalam Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.”

“Tema ini mengandung makna reflektif atau evaluasi atas apa yang telah kita lakukan sebagai rimbawan, sekaligus untuk berkontribusi dalam mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan,” kata Bambang dalam keterangannya Senin (4/3).

Di hadapan ribuan Rimbawan IPB University, Bambang berpesan, bahwa rimbawan harus terus berkomitmen dalam menjalankan gagasannya untuk pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan bagi kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Sekjen KLHK Tegaskan Rimbawan Harus Perkuat Korsa dalam Membangun Lingkungan Hidup

Selain itu, Rimbawa juga harus berkolaborasi dengan para pihak dalam membangun bangsa dan negara menuju Indonesia Maju 2045 menjadi keniscayaan.

Untuk itu, rimbawan harus mampu berkontribusi atas persoalan global yang tengah dihadapi yakni Triple Planetary Crisis, yaitu perubahan iklim, kehilangan keanekaragaman hayati, serta polusi dan pencemaran lingkungan hidup. 

"Di samping itu juga, rimbawan harus mampu merespon peningkatan kebutuhan sumber daya alam (SDA). Dan persaingan memperebutkan SDA kedepan yang semakin meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk dunia, kegiatan ekonomi, serta perubahan gaya hidup,” imbuh Bambang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.