Dark/Light Mode

8 Maret 2024 Hari Apa? Ini Daftar Momen Dan Sejarah Penting Yang Perlu Kamu Tahu

Jumat, 8 Maret 2024 16:26 WIB
Ilustrasi International Womens Day (IWD). (Foto: Unsplash/Hannah Busing)
Ilustrasi International Womens Day (IWD). (Foto: Unsplash/Hannah Busing)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tanggal 8 Maret 2024 bukan sembarang hari. Di balik tanggal ini, terdapat makna dan momen penting yang patut kita ingat, khususnya bagi perempuan.

Karena di tanggal ini adalah momen penting untuk merayakan hari perempuan, mengenang sejarah Kalijati, mendorong kesetaraan gender dan perdamaian dunia.

Berikut ini rincian tanggal 8 Maret 2024 hari apa saja?

1. Hari Perempuan Internasional

Diperingati setiap tahun di seluruh dunia, 8 Maret menjadi momen untuk merayakan pencapaian perempuan dan menyuarakan kesetaraan gender. 

Baca juga : Sudah Dibuka! Ini Cara Daftar KIP Kuliah, Syarat Dan Besaran Uang Yang Diterima

Hari Perempuan Internasional atau International Womens Day (IWD) mulai di rayakan secara resmi oleh PBB pada tahun 1975. 

PBB menetapkan tema Hari Perempuan tahun 2024 adalah "Invest in women: Accelerate progress". Tema ini menyentil masih minimnya investasi dana untuk upaya-upaya kesetaraan gender.

2. Hari Peristiwa Perjanjian Kalijati

Bagi masyarakat Sunda, tanggal 8 Maret memiliki makna sejarah penting. Pada tahun 1684, Perjanjian Kalijati ditandatangani, menandai berakhirnya pertempuran antara Kesultanan Cirebon dan VOC. Perjanjian ini menjadi tonggak penting dalam sejarah Jawa Barat.

3. Hari PBB Untuk Hak-Hak Perempuan Dan Perdamaian Internasional

Diproklamirkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1977, hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang hak-hak perempuan dan peran mereka dalam mencapai perdamaian dan pembangunan.

4. Hari Taliwangke Dalam Kalender Jawa

Baca juga : Wapres Harap Pemilu Hasilkan Pemimpin Yang Merangkul Semua

Bagi masyarakat Jawa, tanggal 8 Maret 2024 bertepatan dengan hari Jumat Wage, yang juga dikenal sebagai Hari Taliwangke. Hari ini diyakini memiliki makna spiritual dan tradisi budaya tertentu.

Hari Ini dalam Sejarah:

1979 - Piringan padat (CD) diperkenalkan kepada publik. CD dikembangkan oleh Philips dan Sony. Kedua perusahaan kemudian berkolaborasi untuk menghasilkan format standar dan pemutar CD.

1978 - Episode pertama dari komedi radio "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy" disiarkan. Drama radio karya Douglas Adams ini sukses besar di kalangan pendengar BBC Radio 4. Versi bukunya terdiri dari lima novel - "A Trilogy in Five Parts" - menjadi sukses di seluruh dunia.

1971 - Dalam "Fight of the Century," Joe Frazier berhasil mengalahkan Muhammad Ali. Ali telah dicabut gelar Juara Tinju Kelas Berat Dunia-nya pada tahun 1967 karena menolak berdinas di angkatan bersenjata. Karena Ali masih belum terkalahkan, Frazier harus mengalahkannya untuk diakui sebagai juara dunia.

Baca juga : Melalui Inpres Jalan Daerah, Kementerian PUPR Tangani Ribuan Kilometer Jalan Daerah

1910 - Raymonde de Laroche menjadi wanita pertama yang memiliki lisensi pilot. Penerbang wanita asal Prancis ini juga merupakan wanita pertama yang terbang solo. Ia meninggal pada usia 36 tahun ketika pesawat percobaannya jatuh di lapangan udara Le Crotoy di utara Prancis.

1817 - Bursa Saham New York (NYSE) didirikan. NYSE di 11 Wall Street, New York City, adalah bursa saham terbesar di dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.