Dark/Light Mode

Target 2033 Kampus Unggulan di Asia, Unisba Pamerkan Puluhan Karya Penelitian

Kamis, 1 Februari 2024 17:27 WIB
Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo yang diadakan Rabu (31/1/2024). (Foto: Istimewa)
Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo yang diadakan Rabu (31/1/2024). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Islam Bandung (Unisba) menggelar Unisba Expo pada Rabu (31/1/2024).

Kegiatan itu terselenggara atas kolaborasi antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) berupa RESVEX 5th (Research And Community Service Expo) dengan Bagian Komunikasi dan Humas Unisba, yaitu CLUE (College Life & University Expo).

RESVEX merupakan ajang pemberian apresiasi kepada para peneliti dan pengabdi terbaik, dan fakultas yang berkonsetrasi dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Ajang ini sekaligus membangun konektivitas antara perguruan tinggi dengan masyarakat umum dalam bentuk produk inovasi serta pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (PPkM).

Ketua LPPM Unisba Prof. Neni Sri Imaniyati mengatakan, RESVEX yang sudah memasuki tahun kelima ini mengangkat tema bertajuk 'Collaboratoin, Innovation and Synergy Towards Ecosystem Halal'.

Baca juga : Hadiri Ulang Tahun SPSI di Sidoarjo, Gibran Tegaskan Keberpihakan Pada Buruh dan Pekerja

Prof. Neni menegaskan, tema itu diangkat untuk mendukung pencapaian visi LPPM Unisba yaitu, menjadi lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berperan dalam pengembangan ekosistem halal.

"Kolaborasi dan sinergi merupakan keniscayaan, baik di internal maupun eksternal dengan berbagai pihak," kata Prof. Neni dalam keterangan resminya Kamis (1/2/2024).

Melalui semangat kolaborasi untuk lebih meningkatkan kebermanfaatan kegiatan ini, lanjut Prof. Neni, dilaksanakan pula kegiatan C.L.U.E (College Life & University Expo).

Tujuannya untuk meningkatkan kolaborasi Unisba dengan sekolah-sekolah mitra dan memberikan apresasi penghargaan bagi guru khususnya guru Bimbingan Konseling (BK), serta peningkatan kompetensi guru berupa seminar.

Selain itu juga untuk lebih memperkenalkan kehidupan kampus dan program studi yang ada di Unisba. Wakil Rektor II Unisba Prof. Atih Rohaeti Dariah mengatakan, expo ini terselenggara sebagai wujud komitmen Unisba dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi.

Baca juga : Kampanye Akbar di Ternate, Anies Bicara Kemakmuran Dan Kesetaraan

"Spiritnya bagaimana tradisi meneliti dan mengabdi ini bisa tertularkan kepada siswa SMA dan harapan kedepan bisa mengadakan kompetisi bagi para invertor muda supaya bisa menjadi ajang mendapatkan bibit-bibit inventor muda," ungkapnya.

Menurutnya, melalui kegiatan ini Unisba ingin mengambil peran berkontribusi melalui riset dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga bisa memperkuat ekosistem halal di Indonesia seiring dengan visi misi Unisba yaitu, menjadi perguruan tinggi Islam yang maju, mandiri, dan terkemuka di Asia pada tahun 2033.

Kegiatan yang diikuti dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, UMKM Binaaan Unisba, Perguruan Tinggi Se-Bandung, masyarakat umum, dan perwakilan guru serta siswa SLTA/Sederajat ini juga melaunching Unit Pendamping Proses Produk Halal (UP3H), Observatorim Desa Wisata, dan Komite Etik.

Kegiatan ini juga diisi dengan pameran inovasi, pameran hasil PPKM, pameran fakultas/program studi, seminar pendidikan 'Mengelola Keuangan dari Perspektif Islam', dan seminar inovasi halal 'Kolaborasi & Sinergi Membangun Bisnis Halal yang Inovatif' bekerja sama dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Dalam kesempatan itu juga diumumkan pemenang lomba LPPM antara lain, penghargaan fakultas yang paling concern dan inovatif dengan kegiatan penelitian, penghargaan fakultas yang paling concern dan inovatif dengan kegiatan PKM, penghargaan fakultas dengan Sinta Score tertinggi kategori Science dengan poin 7472.

Baca juga : Ganjar Tak Rela Suaranya Dicuri

Kemudian, penghargaan fakultas dengan Sinta Score tertinggi kategori Sosial Humaniora dengan poin 5573, penghargaan Peneliti Pemula Terbaik, penghargaan Peneliti Utama Terbaik, penghargaan Pelaksana PKM Terbaik, penghargaan fakultas dengan Inovasi PKM Berbasis Nilai-Nilai Islam, lomba essay, lomba inovasi produk, dan lomba poster.

Lalu, diumumkan juga pemenang lomba jingle Unisba yang diikuti siswa SMA/SMK/MA Sederajat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.