Dark/Light Mode

Selamatkan Rekind Dari Pailit

Erick: Bayar Dengan Peningkatan Kinerja

Senin, 5 Februari 2024 06:50 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. (Foto: Istimewa)
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambut positif kesepakatan perdamaian atau homologasi PT Rekayasa Industri (Rekind) dengan kreditur dalam proses restrukturisasi melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Erick mengungkapkan, mayoritas kreditur yang menyetujui homologasi merupakan sebuah kepercayaan yang harus dibayar Rekind dengan perbaikan kinerja di masa mendatang.

Alhamdulillah, perjanjian perdamaian (homologasi) PKPU Rekind telah disetujui pengadilan. Sebanyak 222 dari total 229 kreditur atau hampir 97 persen setuju dengan homolo­gasi,” ujar Erick di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Baca juga : Sisa Satu Musim Bersama Tim Mercedes, Hamilton Ingin Berakhir Manis

Menurut Erick, putusan terse­but menjadi langkah baru anak usaha Pupuk Indonesia Hold­ing Company (PIHC) itu untuk melakukan transformasi secara menyeluruh. Sehingga Rekind kini dapat fokus dalam melan­jutkan proses restrukturisasi. Dan menata aksi korporasi yang lebih baik ke depan.

“Dengan perdamaian PKPU ini, berarti Rekind bisa menerus­kan proses restrukturisasi dan transformasinya,” ujar Erick.

Ia menegaskan, sejak awal pihaknya berkomitmen menyelamatkan Rekind. Pasalnya, Rekind mempunyai keunggulan di sektor inovasi di bidang Engineering, Procurement and Con­struction (EPC). Apalagi EPC memiliki peran vital dalam mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN).

Baca juga : Biden Makin Pede Pecundangi Trump

“Sejak awal, kami ingin memperbaiki Rekind karena kita tidak ingin kehilangan back­bone atau tulang punggung inovasi Indonesia, seperti Rekind,” ucapnya.

Mantan bos Klub Inter Milan ini mengaku, tidak mudah mem­benahi persoalan Rekind akibat kesalahan dalam manajemen di masa lampau, yang berakibat pada kompleksitas keuangan perusahaan pada saat ini.

Namun secara bertahap, imbuh Erick, pihaknya mulai mengurai satu per satu persoalan di tubuh Rekind, agar bisa memiliki kinerja dan operasional sehat dan profesional.

Baca juga : Harga Beras Dan Daging Ayam Terpantau Stabil

Karena itu pihaknya berkomit­men, mencarikan solusi mulai dari restrukturisasi hingga trans­formasi bisnis.

“Semoga homologasi menjadi momentum bagi Rekind untuk menata bisnisnya lebih baik dan profesional,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.